Polres Pelabuhan Belawan Bersama UINSU Gelar Penyuluhan Narkoba dan Kenakalan Remaja

author photo

Published : Bern M
Editor : Bern M, Redaksi

MEDAN UTARA |Moltoday.com - Berangkat dari keperihatinan akan bahaya penyalahgunaan narkoba dan kenakalan dikalangan remaja usia sekolah, untuk kesekian kalinya Polres Pelabuhan Belawan melalui Satuan Bimbingan masyarakat kembali melakukan "penyuluhan penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja".

Kegiatan penyuluhan itu terselenggara berkat kerjasama dengan Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Islam Negri Sumatera Utara (UIN-SU) dan pemerintahan Kelurahan Terjun yang dilaksanakan diruang aula kantor Lurah Terjun Jalan Rahmad Buddin Kecamatan Medan Marelan,Sumatera Utara, Selasa (6/8/2019) sekira pukul 10.00 Wib.

Hadir dalam acara penyuluhan tersebut sebagai undangan narasumber Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan AKP H.Justar Purba,SH didampingi dua orang PHL Sat Binmas Umi Kalsum,S.Pdi dan  
Rina Devrina Siregar,S.kom, Lurah Kelurahan Terjun Hj.Erliana,SE, para mahasiswa - mahasiswi KKN angkatan ke-3 UIN Sumatera Utara, dan para siswa - siswi kelas XII MIA I SMAN 16 Medan.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh protokol Anggraini Asmania Siregar, dilanjut dengan Doa bersama Yasir Habib Dongoran, berikutnya pembacaan ayat suci Al Aquran oleh Qori Andri Wahyudi.

Dalam kata sambutannya ketua panitia penyelenggara muhammad Isan Pratama mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN angkatan ke-3 UIN Sumatera Utara mengatakan selaku ketua panitia penyelenggara penyuluhan narkoba pada saat ini mengucapkan selamat datang terhadap rekan - rekan adik - adik dari SMA Negeri 16 dan juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak tertentu termasuk Kelurahan yang telah menyediakan tempat Aula kita ini. 

"Terima kasih juga kepada pihak sekolah SMA Negeri 16 yang kini telah memberikan fasilitas dan memberikan masa untuk meramaikan untuk menghadiri acara penyuluhan narkoba yang kita laksanakan pada saat ini," ucap Isan.

Masih menurut Isan, tujuan kami menyelenggarakan acara ini yaitu karena maraknya penyalahgunaan narkoba di Indonesia khususnya dikalangan para remaja usia sekolah. Oleh karena itu kita perlu mengetahui bahaya dan cara mengatasinya serta dampak dari narkoba itu sendiri.

Rangkaian acara berikutnya dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan dari Lurah Kelurahan Terjun Hj.Erliana,SE yang mengatakan pada hari ini saya atas nama pemerintahan Kelurahan Terjun mengucapkan terimakasih yang sebesar - besarnya atas berlangsungnya pelaksanaan penyuluhan narkoba dan kenakalan remaja kepada ketua penyelenggara dan adik - adik mahasiswa - mahasiswi KKN UIN kota Medan Sumatera Utara yang kebetulan lagi melaksanakan KKN di Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan.

"Kami sangat berterima kasih selaku Pemerintahan Kelurahan kepada adik - adik UINSU yang mana adik - adik hari ini sudah memprakarsai penyuluhan narkoba. Begitu pentingnya kepada kita semua terutama adik - adik SMAN 16 yang baru akan menginjak dewasa atau nantinya tahun depan sudah harus bersiap - siap untuk kuliahnya. Kalaupun nanti naik kelas, ini akan penting juga untuk diri adik - adik sendiri nantinya, karena kelanjutan kepemimpinan ini nantinya kalian yang akan menjalankannya,"seru Hj.Erliana. 

Berikutnya, sampailah pada acara pokok,yakni 
penyampaian paparan materi tentang penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja dengan narasumber makalah Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan AKP H.Justar Purba,SH.

Diawal paparannya, dengan menggunakan media vidio visual AKP H.Justar Purba menjelaskan tentang awalnya orang bisa jadi pecandu narkoba.

"Coba perhatikan tayangangan berikut ini,setelah selesai nanti akan saya minta anak - anak sekalian untuk menerangkan kronologis yang terjadi dalam tayangan tersebut," sebut AKP H.Justar Purba.

Berikutnya dibabak yang kedua AKP H.Justar Purba menerangkan terkait tentang peraturan lalulintas. AKP H.Justar mengatakan dilarang memotong pada jalan menikung. Karena kita tidak boleh mendahului kemudian di situ juga diberi tanda yang namanya garis-garisnya tidak tidak putus.

Usai penayangan tentang penyalahgunaan narkoba melalui vidio visial tersebut, salah seorang siswa kelas XII MIA I SMAN 16 Medan Muhammad Mulia Hatta mengomentarinya sebagai berikut, dari adegan pemuda yang kedua karena mengikuti kawan - kawannya dan mengikuti lingkungannya yang rusak menjadi masa depannya pemuda menjadi rusak,sementara pemuda yang pertama itu dia mengejar cita-citanya dari awal dari nol sampai akhirnya sukses. Dan pemuda kedua berawal dari coba - coba. Sedangkan pemuda yang pertama dia lebih memilih mengejar cita-cita. Berbeda dengan pemuda yang kedua yang  hancur masa depannya begitu saja karena pemuda tersebut mengkomsumsi narkoba," urai Mulia Hatta.

Akhirnya, tepat pukul 12.00 Wib seluruh rangkaian kegiatan penyuluhan tersebut  selesai dilaksanakan. Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan AKP H.Justar Purba dari seluruh rangkaian pemaparannya mengambil kesimpulan "jangan coba - coba dengan narkoba,karena narkoba akan merusak masa depan dan keluargamu. Dan tak kalah pentingnya patuhi peraturan berlalulintas bila berkendara agar selamat sampai tujuan," tutup Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan AKP H.Justar Purba dalam pemaparannya.(rel)

Sumber : Existimenews.com

Komentar Anda

Berita Terkini