PRM Res Tj.Balai

Sabar Syamsurya Sitepu Minta Hidupkan Kembali Siskamling Dan Patroli Malam.

author photo

Medan,Moltoday.com-Tingginya tindak Kriminal yang terjadi di kota medan belakangan ini, membuat masyarakat semakin takut untuk keluar rumah. Seperti peristiwa yang menimpa driver grab (Ojol) di begal oleh penumpangnya  sendiri di sekitar KIM Medan Labuhan pada hari Minggu kemarin.

Dalam peristiwa tersebut,korban mengalami luka tusukan di kepalanya dan kehilangan barang berharga seperti sepeda motor, dompet serta telepon selular.

Menanggapi kejadian tersebut, Ketua Komisi A Dewan Perawakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan, H Sabar Syamsurya Sitepu S.I.Kom meminta pihak kepolisian untuk sigap melakukan rutinitas patroli di rawan-rawan kriminalitas.

"Salah satu tindakan yang harus dilakukan dalam hal ini yaitu kerjasama antara Polisi dengan masyarakat. Artinya, masyarakat juga harus membantu polisi untuk memberikan informasi,"ujar politisi Partai Golkar ini kepada wartawan melalui telepon selulernya, Rabu (07/08).

Dikatakannya, guna menghindari kriminal di daerah kediaman masyarakat, diharuskan membangun Sistem Keamanan Lingkunga (Siskamling). Sehingga gerak para pelaku kejahatan semakin sempit dan tidak berani memasuki daerah tersebut.

"Yang membackup masyarakat kan ada Babinkantibmas dan Babinsa. Jadi semangat masyarakat ini harus dibangkitkan supaya tidak takut menghadapi pembegalan atau kriminilatis lainnya,”jelasnya.

Ditegaskannya, salah satu yang diharapkan adalah bila ada laporan masyarakat secara lisan supaya ditindak lanjut oleh pihak kepolisian. Sehingga masyarakat senang bila ada aduan yang cepat ditanggapi oleh pihak kepolisian.

“Polisi harus menelurusi kebenaran informasi tersebut secara cepat. Masyarakat kan malas bila membuat laporan tertulis bolak-balik kekantor polisi. Jadi buat masyarakat itu lebih gampang melaporkan kejadian-kejadian yang terjadi disekitar kita,”harapnya.

Lanjut ketua komisi A DPRD Medan ini, Siskamling harus di dirikan disetiap pemukiman warga. Menurutnya hal ini sangat bermanfaat bagi kenyamanan masyarakat.

“Bila perlu pembangunan siskamling ini dianggarkan di APBD. Macam subsidilah dari pemerintah seperti gentongan, senter dan keperluan lainnya. Serta konsultasi kepada kelurahan. Kan ada anggaran dari kelurahan yang akan turun bulan Agustus 2019 ini. Itu bisa disisihkan digunakan untuk kebutuhan itu asal bisa dipertanggungjawabkan,"pungkasnya.(A-1Red)
Komentar Anda

Berita Terkini