TP PKK Kabupaten Deli Serdang – USAID IWASH Plus Kerja Sama Sosialisasi Peluncuran Layanan Tinja Terjadwal

author photo

Published : Redaksi
Red : Despita M
Sumber : Infokom DS

L.PAKAM |Moltoday.com - TP PKK Kabupaten Deli Serdang - USAID Indonesia Urban Water And Sanitation dan Hygiene 'Penyehat Lingkungan Untuk Semua' (IUWASH Plus) melakukan kerja sama dalam sosialisasi peluncuran layanan lumpur tinja terjadwal di Aula PKK Pemkab Deli Serdang Lubuk Pakam, Selasa (6/8).


Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri Wakil Ketua TP PKK Ny. Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua Dharmawanita Persatuan Herawati Darwin Zein, Ketua Pokja IV TP PKK Kab. Deli Serdang drg. Ridha Donal P Lumban Tobing, perwakilan IUWASH Plus Pusat Ika Fransiska dan Agustinus Tuauni, IUWASH Plus Sumut Zulfa Ermirza,Pery Barwiantini,Eliwati Ginting, Ricky Pasha, IUWASH Plus Deli Serdang Mhd. Rezeki Sitorus, perwakilan OPD  terkait serta peserta sosialisasi yang terdiri dari Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Deli Serdang beserta pengurus.


Wakil Ketua TP PKK Ny. Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar dalam sambutan diantaranya mengatakan bahwa pertemuan kita ini adalah bagaimana masyarakat kita merobah paradigma dalam pengembangan sanitasi lingkungan agar sarana dan prasarana air limbah pemukiman dan persampahan pada dasarnya erat kaitannya dengan aspek kesehatan ,lingkungan hidup, pendidikan. Untuk itu diperlukan peran ibu-ibu anggota TP PKK dan Ketua TP PKK Kecamatan, dimana kita sebagai penyuluh,penggerak serta memotivasi masyarakat dalam memberhasilkan program pemerintah.

Perlu saya sampaikan bahwa program ini sudah terlaksana di Kabupaten Deli Serdang di 8 (delapan) kecamatan di beberapa desa, berkat kerjasama yang baik dengan USAID. Untuk itu masih banyak yang harus kita kerjakan dimana Kabupaten Deli Serdang mempunyai 22 Kecamatan 394 Desa/Kelurahan sehingga memerlukan perhatian yang benar-benar dari pemerintah dimana kita sebagai sebagai mitra kerja pemerintah untuk menggerakan masyarakat, sehingga program ini dapat terlaksana dan dukungan dari masyarakat melalui TP PKK Desa,Dusun sampai ke kelompok Dasa Wisma.

Perwakilan IUWASH Plus pusat yang juga Narasumber pada sosialisai Agustinus Tuauni mengatakan layanan  lumpur  tinja  terjadwal  (LLTT)  adalah  layanan penyedotan  lumpur tinja  dari  tangki-tangki  septik  yang  dilakukan  secara  berkala  sebagaimana diwajibkan pemerintah setempat. Dalam LLTT, penyedotan dilakukan sesuai periode  penyedotan  (desludging  period)  dan  jadwal  penyedotan  yang ditentukan. LLTT  disediakan  sebagai jawaban  dari  tuntutan pemerintah  setempat  yang mewajibkan  dilakukannya penyedotan tangki septik secara berkala.  Bagi  para  pengguna tangki  septik,  LLTT  merupakan layanan yang wajib diikuti. 

Penyedotan  lumpur  tinja  dalam  LLTT  tidak  dilakukan  karena  adanya permintaan dari pengguna tangki septik. Suka atau tidak suka, perlu atau tidak perlu, penyedotan lumpur tinja dalam LLTT akan dilakukan sesuai jadwalnya. Walau secara pastinya akan ditentukan oleh pemerintah setempat, periode penyedotan LLTT umumnya berkisar antara 2 – 5 tahun sekali.

Agustinus Tuauni juga mensosialisasikan jamban yang baik dan aman,kenapa jamban harus memiliki penampungan/tangki septik yang kedap dan mempromosikan UPTD PAL Deli Serdang, layanan sedot lumpur tinja dengan nomor handphone 0813-7647-2526.
Komentar Anda

Berita Terkini