Upacara HUT RI ke 74 Polres Batu Bara, Kapolres Batu Bara, AKBP Robin Simatupang, SH.,M.Hum, Bertindak Sebagai Inspektur Upacara

author photo

Published : Bern M
Editor : Redaksi

BATUBARA |Moltoday.com – Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) yang diperingati setiap 17 Agustus, merupakan momen yang sakral bagi Rakyat Bangsa Indonesia dalam memperjuangkan Kemerdekaan Repbulik yang berdaulat.

Lembaga Pemerintahan, Instansi  Pemerintah maupun swasta, Institusi, , Lembaga Pendidikan kerap menjadiperingatan secara Nasional yang telah ditetapkan dan diperingati dalam upacara penaikan bendera sangsaka Merah Putih di pagi hari dan Upacara Aubade ataupun Upacara Penurunan Sangsaka Bendera Merah Putih di sore hari.
Telah 74 tahun yang lalu Rakyat Bangsa Indonesia meraih kemenangan dengan kemerdekaan yang berdaulat. Hal ini diperingati dalam Upacara HUT RI ke 74 di Institusi Polri di Kepolisian Resor Batu Bara Daerah Sumatera Utara pada Sabtu, 17 Agustus 2019 bertempat di Lapangan Apel Polres Batu Bara, dimulai sekira 07:00 Wib hingga selesai.

Bertindak Selaku Inspektur Upacara Kapolres Batu Bara, AKBP Robin Simatupang, SH., M.Hum, bertindak sebagai Perwira Upacara Kasat Sabhara, AKP D.P Sinaga, bertindak sebagai Komandan Upacara Kanit IV Tipidter Satreskrim, IPDA B.D Sitorus, SH., MH, bertindak sebagai Pengibar Bendera Merah Putih, Brigadir Maulana Fadly, Brigadir Joko Susanto,dan Brigadir Lianrus Silitonga. Pembacaan teks Proklamasi dibawakan oleh KBO Satres Narkoba Iptu Yahman, Pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh Kasubbag Bin Ops, Iptu S.M Pasaribu. Untuk pengucapan Tri Brata dibacakan oleh Bripda Azis Salwa Dalimunthe, bertindak selaku Pengucap Catur Prasetya, Bripda Nur Afandi, bertindak selaku Pengucap Panca Prasetya Korpri Pengda Tk II Sri Andayani, Pembacaan doa dibawakan oleh Brigadir Adi Syahputra, dan Brigadir Sat Intelkam Polres Batu Bara Bripda Rani J. Manurung bertindak sebagai pembawa acara.
Kegiatan Upacara HUT RI ke 74 dihadiri, Kapolres Batu Bara, AKBP Robin Simatupang, SH., M.Hum, Waka Polres Batu Bara, Kompol H. Herwansyah Putra, SH., M.Si, para Kabag, para Kasat, para Kapolsek sejajaran Polres Batu Bara, serta para Kasubbag, para Kasie, para Kanit, Perwira, Bintara san ASN sejajaran Polres Batu Bara.

Upacara HUT RI ke 74 yang dilaksanakan Polres Batu Bara penuh hikmat dan sakral diawali dengan Inspektur Upacara memasuki Tempat Upacara, penghormatan pasukan, laporan Komandan upacara kepada Inspektur upacara, dilanjut dengan pengibaran Bendera Merah Putih dipimpin Komandan Upacara, hening cipta, pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, pembacaan teks Pembukaan UUD 1945, pembacaan teks Proklamasi, diakhiri dengan pengucapan Tri Brata, Catur Prasetya dan Panca Prasetya Korpri.

Inspektur Upacara, AKBP Robin Simatupang, SH.,M.Hum dalam amanatnya mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME, dapat melaksanakan Upacara Peringatan HUT RI ke 74 di Polres Batu Bara.

Indonesia adalah negara yang besar memiliki wilayah yang luas dan di anugraibsumber daya alam yang melimpah dan pada tahun 2019 peryumbuhan ekonomi indonesia berada di peringkat ke tiga diantara G20’ “ucap Kapolres sebagai Inspektur Upacara.

Lanjut Kapolres, Peringatan RI ke 74 menjadi momentum bagi kita untuk bersyukur kepada tuhan YME dan menjadi momentum untuk berterimakasih kepada seluruh Pahlawan kesuma bangsa atas seluruh perjuangan, pengabdian san Pengorbanan kepada masyarakat bangsa dan Negara.

Kita akan menghadapi berbagai Agenda Nasional sebagai tahapan akhir Pengamanan Pemilu 2019, Polri akan mengamankan Pengucapan Sumpah Anggota DPRD Kab/Kota, DPRD Propinsi, DPD RI dan DPR RI, serta Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih tahun 2019.

“Jalin Kordinasi dan kerjasama Sinergitas dengan Satuan TNI di semua tingkat, Pemda, Para Pemangku Kepentingan serta masyarakat baik secara Formal maupun Informal. Selanjutnya pedomani seluruh ketentuan dan aturan yang berlaku, serta hindari perbuatan yang dapat merusak kepercayaan masyarakat terhadap Polri, “tutup Kapolres Batu Bara dalam amanatnya.

Dilanjut dengan pemanjatan doa, Upacara diakhiri dengan Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara dan penghormatan Pasukan.

Kegiatan tersebut selesai sekira 08.00 Wib yang berlangsung dalam keadaan aman, baik dan Kondusif.
Komentar Anda

Berita Terkini