Andiwiana -Sumatera Utara Potensi Besar Era Digital

author photo

Medan,Moltoday.com-Direktur Sistem Pembayaran, Pengolahan uang Rupiah dan Layanan Administrasi Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara Andiwiana Septonarwanto saat dikonfirmasi  wartawan disela sela acara Kick off Forum Sistim Pembayaran Sumut dan Seminar Ekonomi dan Keuangan Digital, yang dilaksanakan Grand Ballrom Hotel Adimulia Jalan Diponegoro Medan, Senin (9/9)  menjelaskan.

"Ya seperti saya bilang tadi dan juga perwajilan dari Kominfo bilang, bahwa sebetulnya kita punya potensi yang sangat besar yaitu di sektor ekonomi. Dan ekonomi itu sebetulnya filenya itu. Bagaimanapun juga kalau kita bicara digital, maka jalannya adalah anak muda", sebut Andiwiana.

Dua hal itu ada di Sumatera Utara, jumlahnya cukup baik, kami dari Bank Indonesia itu pengennya mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi memanfaatkan semua ini.

Menurutnya kecepatan pertelumbuhan ekonomi jangan hanya mengandalkan ekonomi yang tradisional. "Karena seperti saya bilang tadi dalam paparan saya bawa kalau kita hanya mengandalkan ekonomi yang tradisional itu kecepatan pertumbuhan kita ya seperti kita tahu adalah di antara 5 sampai 5 persen berat minus gitu ya. Atau bahkan kalau untuk komoditas itu pertumbuhan yang mungkin antara 2% sampai 3% tapi digital ini bisa di atas 100%", sebutnya.

Peluang digital membuat satu forum yang dapat menggabungkan berbagai wadah.
"Nah kita pengen itu bisa termanfaatkan di Sumatera Utara.Untuk itu Bank Indonesia membuat satu forum yang namanya Forum Sistem Pembayaran untuk Sumatera Utara yang diharapkan dapat menggabungkan wadah itu", sebutnya.

Bagi siapapun juga yang terkait dengan bidang ekonomi digital, dapat mengembangkan potensinya.Kita ingin melihat ada akselerasi pertumbuhan ekonomi kesejahteraan juga kekuatan ekonomi untuk Sumatera Utara yang semakin baik dan bisa diperoleh dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Di Sumatera Utara memang seperti saya bilang tadi kolaborasinya belum ada. Jadinya ya jalan sendiri-sendiri. Otoritasnya juga jalan masih konvensional dan fokus konsen dengan bidangnya masing-masing.

Menurutnya sudah waktunya memandang agar berbagai pihak bisa mensupport dan berkontribusi ke depan.

"Sehingga saat ini kita sudah waktunya memandang agar semua bisa duduk bersama, tidak mengklaim ini bagian siapa. Tapi justru apa yang bisa kita support asalkan tujuannya sama. Karna masing-masing  kita bisa mengkontribusikan apapun ke depannya", tutupnya.(A-1Red)
Komentar Anda

Berita Terkini