Kapolres Tanjung Balai Pimpin Apel Pasukan OPS ZEBRA TOBA -2019 dan Membacakan Amanat Kapolda Sumut.

author photo

Published : Redaksi
Editor : Redaksi

Tj.Balai |Moltoday.com – Mengambil Thema,’Dalam Rangka Mewujudkan, Ketertiban Dan Disiplin Berlalu Lintas Melalui Penegakan Hukum Menjelang Perayaan Natal Dan Menyambut Thn. 2019 Di Wilayah Kota Tanjung Balai ‘,Polres Tanjung Balai menggelar Apel Pasukan OPS ZEBRA TOBA -2019, bertempat di Lap Apel Polres Tanjungbalai pada Rabu, 23 Oktober 2019 yang digelar mulai pukul 09:00 WIB hingga 10:00 WIB.
Sebelumnya,  Sat Lantas polres Tanjung Balai telah melakukan pemasangan spanduk, pembagian brosur sosialisasi dan pemberitahuan Ops Zebra, Sosialisasi Simpatik Polisi Rindu Masyarakat (PRM), sosialisasi pelaksanaan Ops Zebra Toba 2019 ke Sekolah, dan pemberitahuan melalui medsos serta melaksanakan rakor dengan instansi terkait.
Apel dipimpin langsung Kapolres Tanjung Balai, AKBP Putu Yudha Prawira, S.I.K, M.H., dan hadir sebagai komandan apel, Kanit Regident Sat Lantas Polres Tanjung Balai IPDA  M. Tanjung, S.H.

Amanat Kapolda Sumatera Utara yang dibacakan langsung oleh Kapolres Tanjung Balai, AKBP Putu Yudha Prawira, S.I.K, M.H., berbunyi,
1.sebagai insan hamba tuhan yang beriman marilah kita senantiasa mengucapkan puji syukur kehadirat allah swt, tuhan yang maha kuasa atas segala limpahan rahmat dan karunia-nya, sehingga pada hari ini kita dapat melaksanakan kegiatan: ”apel gelar pasukan operasi zebra toba 2019” di lapangan ks. Tubun mapolda sumatera utara, dalam keadaan sehat wal’afiat

2. Apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka mengawali pelaksanaan operasi zebra toba tahun 2019 yang akan digelar selama 14 hari terhitung mulai tanggal 23 oktober sampai dengan tanggal 5 november 2019.

3. Gelar pasukan ini untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi zebra toba 2019 dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

4.kita menyadari bahwa dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tsb perlu dilakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi kamseltibcar lantas dengan memberdayakan seluruh stakeholder, supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas. Oleh sebab itu diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara kamseltibcar lantas, sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas

5. Kemudian dalam melaksanakan amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan polisi lalu lintas memiliki fungsi yaitu: edukasi, engineering (rekayasa), enforcement (penegakkan hukum), identifikasi dan registrasi pengemudi dan kendaraan bermotor, pusat k3i (komunikasi, koordinasi dan kendali, serta informasi), koordinator pemangku kepentingan lainnya, memberikan rekomendasi dampak lalu lintas, dan korwas ppns. Kedelapan fungsi tsb diimplementasikan pada fungsi-fungsi polantas

6.saya harapkan kepada seluruh personel polantas agar mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi baik secara taktis, teknis maupun strategis agar potensi pelanggaran, kemacetan serta kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah sumatera utara bisa dlminimalisir sehingga tercipta kamseltibcar lantas

Selanjutnya Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira, S.H., S.I.K., membacakan arahan dan penekanan Kapolda Sumatera Utara  pada pelaksanaan Operasi Zebra Toba tahun 2019, antara lain:
1. pengemudi menggunakan handphone;
2. pengemudi melawan arus
3. pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu
4. pengemudi dl bawah umur;
5. pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm sni;
6. pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba/mabuk; dan
7. pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan

"Sekali lagi saya berharap pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2019 ini nanti dapat menekan angka pelanggaran data laka lantas di wilayah sumatera utara, terutama pada saat pasca pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu tahun 2019, dimana sebagian masyarakat kembali ke daerahnya masing-masing dan menjelang hari raya natal dan tahun baru dimana mobilitas masyarakat saat ibadah, liburan dan mudik, diprediksi akan semakin meningkat. maka dengan Operasi Zebra Toba 2019 ini, kondusifitas kamseltibcarlantas di sumut, dapat terus terjaga".

Hadir dalam giat Upacara:
1. Mewakili Walikota Tanjung Balai  Sekda Kota Tanjung Balai. Drs. YUSMADA
2. Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Balai sdr. Magdalena.
3. Mewakili Dandim 02/08 Asahan.
4. Mewakili Kasubden 3/ B Sat Brimob.
5. Dan Pomal Lanal Tanjung Balai Asahan Kapt. M. Damanik
6. Danramil 08 Pulau Buaya Teluk NIbung
7. Danramil 09 Kota Tanjung Balai.
8. Kakan Kesbang Linmas Kota Tanjung Balai
9. Mewakili Kasat Pol PP Kota Tanjung Balai 
10. Mewakili Kadisporapar Kota Tanjung Balai 
11. Para Kabag Polres Tanjung Balai
12. Para Kasat dan Kapolsek jjrn Polres Tanjung Balai.

Pasukan Upacara sbb :
1  Ton Pomal Lanal TBA
1  Ton TNI Kodim O208/ Ash.
1  Ton Lanal TBA.
1  Ton Brimob subden 3/B.
1  Ton Sat Pol Air Polres Tanjung Balai.
1  Ton Sat Sabhara Polres T. Balai.
1  Ton Staf Personil Polres Tanjung Balai.
1  Ton personil Sat Lantas Polres Tanjung Balai.
1  Ton Personil  Gabungan Polsek sejajaran Polres Tanjung Balai.
1  Ton personil Dishub Kota Tanjung Balai.
1  Ton Personil Sat Pol PP.

Usai kegiatan Apel, dilanjutkan photo bersama forkopinda kota  tanjung balai dan selama kegiatan berlangsung  situasi aman dan kondusif.

Komentar Anda

Berita Terkini