Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang Ny.Hj Yunita Ashari Tambunan Letakkan Batu Pertama Pembangunan Tangki Septik kedap di Desa Suka Maju Kecamatan Sibolangit.

author photo

Published : Despita

D.Serdang |Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang Hj. Yunita Ashari Tambunan launching / meletakan  batu pertama   program  Pembangunan  Tangki  Septik  Kedap dengan material Buis Beton diawali di rumah  Bapak Aprin Bukit di Dusun 2 Desa  Suka Maju, Kecamatan Sibolangit,Rabu (23/10)
Ketua TP PKK Ny Hj Yunita Ashari Tambunan  yang didampingi  Wakil Ketua Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar  dan pimpinan OPD terkait, Manager  regional Iuwash Plus  Muhammad  Yagi dan Camat beserta Muspika Kecamatan Sibolangit, pada acara launching itu  menjelaskan   bahwa  , dengan  program pembangunan  tangki  septik  kedap material buis beton   ini nantinya akan dilanjutkan  dengan    pelayanan Lumpur Tinja terjadwal (LLTT)  dengan penyedotan lumpur tinja secara berkala.
Bimbingan Dan arahan  Ketua Tim Penggerak PKK  Ny. Hj Yunita Ashari Tambunan Layanan lumpur tinja terjadwal berperan penting dalam menjaga lingkungan karena salah satu penyebabnya pencemaran lingkungan adalah tangki septik yang tidak kedap sehingga lumpur tinja dan air limbah domestik dapat merembes ke tanah dan sumber air sehinnga dapat menimbulkan bermacam-macam  penyakit menular untuk menghindari kapasitas lumpur tinja yang berlebih dalam tangki septik agar tidak meluap dan mencemari lingkungan, tangki septik harus memenuhi standart nasional dan harus  dikuras paling tidak satu kali dalam tiga tahun.
Adapun keuntungannya adalah tidak ragu menggunakan air tanah sebagai sumber air bersih karena  septik tank  yang digunakan adalah kedap sehingga tidak ada pencemaran  ke sumber air, lingkungan menjadi bersih, mengurangi resiko penularan penyakit salah contoh stunting (Tubuh Kerdil).
 Dijelaskan juga  bahwa Dinas perumahan dan permukiman (Perkim) yang akan melakukan penyedotan  bagi masyarakat pelanggan septik tank kedap, sedangkan Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas bekerja sama dengan pihak Kecamatan  melakukan promosi kesehatan untuk perubahan perilaku, tokoh –tokoh masyarakat bekerjasama  dengan TP PKK  mulai dari Dusun hingga Desa untuk menghayo hayokan kesadaran masyarakat agar mau dan mandiri dalam pen gelolaan layanan  lumpur tinja terpadu ini.
Yunita juga menyampaikan terimakasih  dan bangga  kepada masyarakat Desa Sukamaju   menurut laporan Dinas kesehatan dan Iuwash plus, bahwa sudah ada 13 Rumah tangga yang mau membuat  septi tank kedap dengan sistem arisan.Seperti kita ketahui bersama bahwa Desa Sukamaju ini ada sekitar 200 rumah tangga kelak mempunyai septik tank yang kedap.
Sambutan dari bapak Regional Manager Iuwash Plus, Muhammad Yagi, menjelaskan bahwa  masyarakat sudah mau berubah tidak lagi buang air besar kesungai tapi sudah ditampung dan penampungannya kedap, jadi bakteri dari tinja kita sudah tidak mengalir  lagi ke sungai , ini menjadi swadya masyarakat  dan mengucapkan banyak terimakasih  kepada bapak Bupati dan Ketua TP PKK  yang   sudah mengerakkan seluruh instrumennya   juga  telah  bersedia menjadi  leader dan lokomotipnya perubahan, dan diharapkan program ini menyebar keseluruh wilayah Kabupaten Deli Serdang. 
Diakhir acara Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Deli Serdang Memberikan  bantuan Tas sekolah  bagi  10 Siswa SMP NEGERI I dan Pemberian Sembako bagi keluarga yang kurang mampu.

Komentar Anda

Berita Terkini