Lestarikan Alam, Polres Batubara Bersama Unsur Forkopinda Tanam Seribu Pohon

author photo


Published : Bern
Editor : Redaksi

Batubara |Moltoday.com - Saling membutuhkan. simbiosis mutualisme kehidupan manusia dengan alam, Polres Batubara melaksanakan penanaman sejuta pohon. Yakni penanaman pohon mangrove di daerah Pantai Sejarah, Desa Perupuk, Kabupaten Batu Bara, pada Selasa 15 oktober 2019.


Acara yang dimulai sekira pukul 07:30 WIB,Kegiatan dihadiri Muspida (forkopinda), ormas dan para kelompok tani dan muspika.
Kapolres Batubara, AKBP Robin Simatupang mengatakan, kegiatan ini dilaksanan terintegrasi dengan Kegiatan tanam sejuta pohon Polda Sumut yang terpusat di Tongging, Tanah Karo.
Dalam sambutannya, Kapolres Batu Bara, AKBP Robin Simatupang, SH.,M.Hum menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh unsur  atas terlaksananya kegiatan tanam sejuta pohon.
Pohon mangrove juga mampu mencegah bahaya Tsunami maupun Ombak dari laut dikarenakan kekokohan akar dari pohon tersebut, Mangrove juga bisa sebagai tempat hidup ikan, udang, kerang dan lainnya, menurut berbagai penelitian mangrove dapat menyimpan menyerap emisi 4 - 5 di bandingkan pohon lain.

Pohon mangrove juga dapat di gunakan sebagai perbaikan perekonomian karena pohon mangrove bisa digunakan menjadi kebutuhan industri.

Penanaman pohon mangrove hanya ada di wilayah pesisir pantai yaitu Batu Bara, Asahan dll, sedangkan ditempat lain penanaman sejuta pohon di sekitaran Danau Toba yang di buka oleh Bapak Kapolda Sumut di Tongging diikuti daerah lainnya seperti Humbahas, Pakpak, Samosir, Tanah Karo, untuk penanaman pohon mangrove sudah di bentuk tim untuk perawatan dan pelestarian pohon mangrove.

Untuk itu, tambah Kapolres dalam sambutannya, Kami juga sengaja mengundang seluruh instansi terkait agar kita dapat sama - sama menjaga untuk pertumbuhan dan perkembangan penanaman pohon mangrove.

Bupati Batu Bara, Ir. Zahir M. AP dalam kesempatannya juga memberikan sambutannya mengucapkan rasa terimakasihnya kepada kepolisian terutama Bapak kapolda Sumatera Utara dan Jajarannya karena telah menyelenggarakan penanaman seribu pohon

Bupati Batu Bara, Ir. Zahir M. AP dalam sambutannya juga mengajak dukungan atas kegiatan penanaman seribu pohon agar sama sama menjaga dan melestarikannya.

“Saya harap menjelang pelantikan Presiden RI kita dapat menjaga kedamaian dan kekondusifan Kab. Batu Bara, “tutupnya.

Dalam sambutan Kapolda Sumatera Utara yang dibacakan, mengucapkan terimakasih untuk seluruh pemerintahan yang ada di daerah sumatera utara dan seluruh perusahaan BUMN, BUMD karena telah mendukung program penanaman sejuta pohon.

Ada satu juta seratus dua puluh ribu penanaman sejuta pohon untuk Sumatera Utara, agar program ini bisa terlaksana tentunya diharapkan kerjasama yang baik.

Terutama kita manusia sangat membutuhkan alam, beda halnya dengan alam, alam tidak membutuhkan kita tentunya tidak akan bisa membaik kerusakan alam yg kita buat sendiri, apabila kita tidak berusaha memperbaikinya.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Danyon 126/KC, Dandim 0208 Asahan, Kajari Batu Bara, seluruh jajaran Polsek, jajaran Koramil se Kab Batu Bara, Direktur Utama PT. Inalum diwakili oleh Paur Pam PT.Inalum Syamsul Harahap, Ketua Bhayangkari Polres Batu Bara, Muspika se Kab.Batu Bara serta Kelompok Tani.

Kegiatan dilanjut dengan penyerahan secara simbolis bibit pohon Mangrove, dan penanaman pohon Mangrove ditutup dengan acara hiburan.


Komentar Anda

Berita Terkini