SYAHBANDAR

SYAHBANDAR

Festival calung Upaya Untuk Melestarikan Budaya

author photo
Reporter   : Andri andriansyah
Editor.       : Redaksi

 - Ribuan para pelaku seni Tasikmalaya serentak memainkan alat musik tradisional calung  dalam rangka memeriahkan Festival Calung Renteng yang diselenggarakan di lapangan kecamatan sariwangi yang percis didepan halaman kantor kecamayan sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (21/11/2019).
Ketua Pelaksana Festival Calung ,  mengatakan, sengaja melibatkan kalangan para pelaku seni sebagai terobosan baru dalam menjaga dan melestarikan kesenian musik calung .
"Kita libatkan para pelamu seni dalam Festival Calung  ini sebagai langkah strategis untuk melestarikan calung."
Ia menuturkan, saat ini zaman terus berkembang yang telah memberikan dampak mulai pudarnya kesenian musik daerah di Tasikmalaya sepert calung tuturnya.
Festival seni budaya calung yg telah dilaksanakan di kec sariwangi tasikmalaya merupakan bentuk kepedulian anak bangsa dalam upaya melestarikan seni budaya yg dimiliki jawa barat. Bagi saya, Mereka adalah para pejuang seni bukan pecundang seni, knp ? Krn ditengah gempuran budaya asing yg semakin "edan" mrk trs berjuang mempertahankan seni budaya bangsa. Konsep konsep peserta yg menunjukan bahwa kreatifitas dijaman milenial hrs terus "diedankeun",  seniman sunda harus hudang ngigèlan jaman 💪🏻. Saya harap dukungan pemerintah tetap diperlukan, saya yakin kepekaan pemerintah kepad para pejuang seni akan mewujudkan silaturahmi yg indah dalam pelestarian seni tradisi. NKRI harga mati seni budaya harga diri 💪🏻, Sukses karan Proses 👍🏻 tutur
Cag.. Mpap Gondo salahsatu  seniman yang yang kami wawancara via WA  sudah lama berkiprah di dunia seni.
Kesenian daerah itu, menurut Gondo, merupakan jenis musik yang mirip dengan angklung atau dibuat sama dari bambu, namun bedanya pada bentuk dan cara memainkannya.
"Bahannya sama terbuat dari bambu, cuma calung kalah pamor,sama angklung diakui dunia lewat UNESCO sebagai alat musik tradisional warisan dunia," katanya.
Ia menjelaskan, pegiat calung renteng saat ini ada di Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya, yang mayoritasnya sudah berusia tua.
Kondisi itu, lanjut dia, harus mendapatkan perhatian serius dari semua pihak agar calung renteng dapat dimainkan oleh generasi muda salah satunya melalui kegiatan Festival Calung Renteng tuturnya.

Komentar Anda

Berita Terkini