PRM Res Tj.Balai

DELINEWSTV

Diskomifo MDN HUT RI 74

Diskomifo MDN HUT RI 74
HUT RI 74

Hari Koperasi di Siantar Dimeriahkan Jalan Santai, Senam, dan Lucky Draw

author photo

Published : R.10-3
Editor : Redaksi

Siantar |Moltoday.com -Peringatan Hari Koperasi ke-72 di Kota Pematangsiantar diisi berbagai kegiatan, di Lapangan H Adam Malik, Jumat (8/11). Meski hujan gerimis, namun warga Pematangsiantar tetap antusias mengikuti jalan santai, senam, dan perlombaan lainnya, plus lucky draw.

Peringatan Hari Koperasi dengan thema
Reformasi Total di Era Industri 4.0 tersebut dihadiri Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus SE MM, beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan masyarakat. Togar juga mengikuti gerak jalan santai yang diiringi marching band.

Togar Sitorus yang membacakan sambutan Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM mengatakan,
Tema hari koperasi tahun ini adalah saat ini kita berada di era digitalisasi dan teknologi, yang mewarnai kehidupan industri yang merembet pada perilaku keseharian masyarakat. Disadari, koperasi Indonesia harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang handal yang didasari tekad untuk berubah dalam menyikapi tantangan kekinian.

"Tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian kita, tidak sekadar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi semata. Namun menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola. Dalam  konteks itu, maka koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem kepranataan yang sudah berjalan selama ini," terangnya.

Reformasi total, lanjutnya, pada dasarnya mendorong koperasi untuk dapat beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berjalan dinamis. Insan koperasi disiapkan untuk mempunyai kreativitas  dan inovasi yang tinggi untuk menaga organisasi  dan strategi bisnisnya. Untuk itu koperasi sudah saatnya memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platfon e-commerce, aplikasi retail online, dan pengembangan aplikasi-aplikasi bisnis lainnya.

Disebutkannya, reformasi total koperasi meliputi reorientasi, rehabilitasi, dan pengembangan.

"Kita berharap agar gerakan koperasi di Kota Pematangsiantar mampu menjawab tantangan zaman dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya. Mari kita kobarkan semangat dengan menjadikan koperasi sebagai kekuatan bersama untuk memajukan pemerataan kesejahteraan anggota secara khusus, dan masyarakat secara umum," ajaknya.

Turut hadir dalam acara tersebut, para unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pematangsiantar, Plh Sekda Pematangsiantar Kusdianto SH, Ketua Dewan Koperasi Indonesia wilayah Sumatera Utara diwakili Alamsyah Sihombing SE, Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Pematangsiantar Jadimpan Pasaribu SH, Ketua Dakopinda Kota Pematangsiantar diwakili Herbet Aruan SPd MH, serta para pimpinan BUMN dan BUMD yang ada di Pematangsiantar.
Komentar Anda

Berita Terkini