Pembukaan Yaahowu Nias Festival Nias Barat (YNF)2019, Cukup Meriah

author photo

Reporter : Suar N

Nias Barat |Moltoday.com - Rangkaian kegiatan Ya'ahowu Nias Festival (YNF) Tahun 2019 yang digelar di lapangan Bolakaki Tetesua Kecamatan Sirombu Kabupaten Nias Barat, Sabtu (16/11)  di awali dengan Pawai Karnaval dari halaman Gereja ONKP Tetesua menuju Lokasi pembukaan Acara YNF di ikuti oleh para kontingen empat Kabupaten dan satu Kota Madya se-Kepulauan Nias bersama Para KDH dan undangan.



Setiba di lokasi acara disambut dengan TARIAN MAOLA FAME'E AFO oleh sanggar Budaya Aekhula Nias Barat, diteruskan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya kemudian Lagu TANÖ NIHA BANUA SIMASIDO (Pulau Nias Pulau yang kucinta) dan acara umum inipun diakhiri dengan Doa oleh Ketua FKUB Nias Barat Pdt. Yasaro Daeli, S.Th.

Selanjutnya laporan Ketum Panitia YNF 2019 oleh Bapak Khenoki Waruwu yang sekaligus sebagai Wakil Bupati Nias Barat; beliau menjelaskan maksud dan tujuan pelaksanaan YNF se-Kepulauan Nias adalah "memperkenalkan budaya dan seni yang dimiliki oleh Kab/Kota se-Kepulauan Nias serta mempertunjukan berbagai jenis kegiatan dalam upaya memacu meningkatnya kunjungan para wisata domestik dan manca negara serta mendorong peningkatan perekonomian dan taraf hidup masyarakat Pulau Nias", papar Ketum YNF; Khenoki Waruwu.

Ketum Pantia YNF memaparkan jenis kegiatan dalam YNF kali ini yakni Pagelaran seni dan budaya yang di miliki oleh masing2 Kab/Kota di Kepulauan Nias; kemudian Yaahowu Nias Karnaval dalam mengangkat nilai seni dan budaya, berikut Pameran hasil produk dan kuliner, Pemilihan Putri Pariwisata Kepulauan Nias dan beberapa jenis lomba dan Festival atraksi serta pertunjukkan Maena kolosal 500 orang peserta.

Sambutan dari Bupati Nias Barat Bapak Faduhusi Daely, S.Pd selaku Ketua FORKADA Kepulauan Nias sembari beliau menyapa seluruh hadirin dan undangan yang berkenan hadir dalam Pesta Budaya Pesona Aekhula Ya'ahowu Nias Festival.

Kerinduan kita sebenarnya adalah kehadiran Bapak Gubernur Sumatera Utara dan Bapak-Bapak Mentri Kabinet Indônèsia Maju terkait; namun tidak mengurangi semangat, ketika Ibu Kadis Pariwisata Sumut yang adalah Putri terbaik Pulau Nias yang kita banggakan yakni Ibu dr. Ria Nofida Telaumbanua, M.Kes dan Ibu Fitri Rusianty yang mewakili Kementrian Pariwisata RI yang dapat membawa harapan baru bagi Kepulauan Nias, tutur Bupati.

Disampaikan Bupati Nias Barat bahwa kegiatan YNF ini adalah sebagai tindak lanjut pelaksanaan YNF dibeberapa Kota/Kab yang ada di Pulau Nias dan tahun depan akan digelar di Kabupaten Nias Utara. Tujuan utama kita adalah "memperkenalkan dan mempromosikan potensi wisata yang dimiliki Pulau Nias; kemudian momen dimana ruang dan kesempatan dalam menyalurkan bakat yang terpendam bagi putra/i Kepulauan Nias, tandas Bupati.

Bupati Nias Barat selaku Ketua FORKADA menyampaikan pesan khusus kepada Deputy Kemenpar RI dan Kadis Pariwisata Sumut bahwa kunjungan Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo beberapa tahun lalu di Kepulauan Nias dimana telah menetapkan dua program unggulan Pulau Nias yakni pembangunan Pariwisata dan Perikanan.

Pulau Nias memiliki Potensi besar yang tidak kalah indahnya dengan raja Ampat dan Bali. Kami bangga dengan kehadirnya, kiranya menjadi saluran berkat bagi kami di Kepulauan Nias mengingat kondisi kami di Kepulauan Nias ini masih sangat memprihatinkan.

Semua ini adalah bukti semangat kita dalam membangun daerah di Kepulauan Nias, ujar Bupati.

Sambutan Gubernur Sumut yang disampaikan dr. Ria Nofida Telaumbanua, M.Kes mengatakan Yaahowu Nias Festival (YN) ini merupakan Calendar of Events (CoE) Nasional sebagai perwujudan visi dan misi pemerintah pusat.

Tahun 2021 nanti Sumatera Utara terpilih sebagai tuan rumah Sidang Umum (General Assembly) ke-10 Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pacific Cities yang akan digelar di Sumatera Utara (Sumut) pada November 2021. Diperkirakan sebanyak 1.500 pejabat dari 16 negara akan mengunjungi Sumatera Utara.

Lebih lanjut disampaikan dr. Ria Nofida Telaumbanua, M.Kes bahwa semua Kab/Kota di Sumatera Utara bisa memetik manfaat penyelenggaraan TPO dimaksud, Pemprov Sumut bersama Pemkab/Pemko harus menyiapkan sejak saat ini seperti pengkoordinasian potensi dan produk unggulans serta informasi penting apa saja yang akan disampaikan kepada para peserta TPO nanti, ujar Ria Nofida.

Pulau Nias dan Nias Barat pada khususnya benar memiliki potensi yang luar biasa terutama di bidang seni dan budaya. Oleh karena itu, merupakan kewajiban kita dalam membangun dan mengembangkan budaya leluhur yang didalamnya mengandung banyak sejarah yang membuat setiap pengunjung terkagum-kagum olehnya.

Akhirnya mewakili Gubsu Ibu dr. Ria Nofida Telaumbanua, M.Kes membuka dengan resmi Yaahowu Nias Festival ditandai dengan pemukulan Gong sebanyak lima kali yang menanyakan empat Kabupatèn dan satu Kota di Kepulauan Nias

Komentar Anda

Berita Terkini