PENGAMANAN NATAL POLRES TJ BALAI

HARI JUANG TNI KODAM I/BB

PRM Res Tj.Balai

Pemkab Pakpak Bharat Latih Pemandu Wisata Budaya Kuliner dan Belanja

author photo

Redaksi

P.Bharat |Moltoday.com -  Para pelaku Pemandu Wisata Budaya (Kuliner dan Belanja) di Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara diharapkan dapat memberikan kontribusi positif sebagai upaya untuk menarik wisatawan. Tentunya untuk mewujudkan ini tidak terlepas dari SDM yang memadai.

“Tentunya untuk membuat wisatawan dalam negeri dan luar negeri betah dan memberi kesan positif, sangat dibutuhkan SDM para pemadu wisata kuliner yang memadai,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Drs. Bambang Banurea yang diwakili Kabid Pariwisata, Rudi Sinamo, S.Pd usai melaksanakan Pelatihan Pemandu Wisata Budaya (Kuliner dan Belanja) di Ruang Kerjanya.


Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Pariwisata telah menyelenggarakan pelatihan bagi Pemandu Wisata Budaya (Kuliner dan Belanja) selama 3 (tiga) hari, 13 November sampai dengan 15 November 2019 lalu.

Menurut Rudi, bila dicermati secara saksama, esensi dari kegiatan ini sangat penting. Karena merupakan konkritisasi dari komitmen Pemerintah pusat dalam menunjang kepariwisataan dalam Kabupaten Pakpak Bharat khususnya peningkatan SDM para pelaku pemandu wisata budaya soal ketrampilan mengolah makanan dan minuman.

“Peningkatan kemampuan dan ketrampilan dalam mengolah makanan dan minuman ini penting. Karena berdampak pada peningkatan tata kelola destinasi pariwisata maupun peningkatan kapasitas pelaku usaha kepariwisataan dalam rangka perbaikan kualitas layanan pariwisata,” jelas Rudi.

Dengan begitu harapnya, diperlukan peningkatan kualitas menu kuliner yang mengarah kepada kearifan lokal sebagai upaya menarik wisatawan. “Kalau SDM pemandunya memadai, ditambah kualitas menu yang baik tentunya akan menjadi daya tarik wisatawan. Mereka pasti akan betah, senang dan membawa kesan positif. Mereka akan membantu mempromosikan juga kepada rekan-rekan mereka yang lain untuk datang ke Pakpak Bharat,” ujar Rudi.

Dia menyebutkan jika SDM para pemandunya bagus, tentunya akan membawa perubahan besar terutama dalam hal kuliner yang lebih beraneka ragam. Karena itu, Ia berharap melalui pelatihan ini nantinya akan membuat Pakpak Bharar lebih siap tampil sebagai destinasi wisata Kawasan Danau Toba khususnya menampilkan keunikan kuliner-kuliner khas yang akan menjadi daya tarik wisata unggulan.

Pelatihan ini menghadirkan peserta dari beberapa lokasi objek wisata yang tersebar di Kabupaten Pakpak Bharat baik yang berada di Desa maupun Kecamatan.
Komentar Anda

Berita Terkini