PRM Res Tj.Balai

DELINEWSTV

Diskomifo MDN HUT RI 74

Diskomifo MDN HUT RI 74
HUT RI 74

Syahbandar Utama Belawan Dan STIP Jakarta Gelar Penyerahan Sertifikat Diklat BST

author photo
Reporter : Ridwan
Editor : Redaksi

BELAWAN, MOLTODAY.COM - Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta menggelar penyerahan sertifikat pendidikan dan latihan (Diklat) Basic Safety Training (BST), pada Kamis (7/11/2019) di Aula Terminal Penumpang Bandar Deli Jalan Pelabuhan Lama Kelurahan Belawan I Kecamatan Medan Belawan Kota Medan Provinsi Sumatera Utara.

Dalam kegiatan Penyerahan Sertifikat Diklat Pemberdayaan Masyarakat Program BST (Basic Safety Training) dan SKK (Surat Keterangan Kecakapan) 60 Mil Angkatan XXI di Terminal Penumpang Bandar Deli ini, sebelumnya telah berlangsung pada tanggal 21 sampai dengan 30 Agustus 2019 yang lalu.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Sugeng Wibowo melalui Kepala Bidang (Kabid) II Keselamatan Berlayar Capten Teddy Mayandi dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan penyerahan sertifikat diklat pemberdayaan masyarakat ini merupakan rangkaian kegiatan terakhir bagi para peserta diklat yang telah lulus, dimana para peserta diklat berhak memperoleh sertifikat BST (Basic Safety Training) dan SKK (Surat Keterangan Kecakapan) 60 Mil.

Teddy juga mengatakan bahwa hendaknya sertifikat yang telah diperoleh tersebut dapat digunakan sebagai bekal untuk membangun masa depan yang lebih baik, terlebih dapat membuka lapangan kerja sendiri atau menyerap lapangan kerja baru bagi lingkungan sekitarnya, serta dapat menerapkan ilmu dan keterampilannya.

"Saya atas nama Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan juga mengharapkan bahwa pelatihan ini tidak hanya dapat meningkatkan jumlah Sumber Daya Manusia di bidang transportasi laut yang memiliki kompetensi, namun juga dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemenuhan aspek keselamatan di bidang pelayaran," ujar Teddy Mayandi.


Menurutnya, hal ini sebagai salah satu bentuk komitmen Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan selaku Instansi yang memiliki tugas pokok dan fungsi melakukan pengawasan dan penegakan hukum di bidang keselamatan dan keamanan pelayaran, untuk terus melakukan sosialisasi dan menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pemenuhan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran.

"Saya mewakili Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh tim dari STIP Jakarta yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu atas bantuan dan kerjasamanya, sehingga proses kegiatan diklat pemberdayaan masyarakat mulai dari awal pelaksanaan kegiatan diklat sampai dengan proses pembagian sertifikat yang akan dilaksanakan pada hari ini berlangsung dengan lancar dan sukses," kata Teddy.

 Ia juga berharap kerjasama ini dapat terus terjalin dan dapat meningkat baik secara kualitas maupun kuantitas pelaksanaannya.

"Saya mewakili Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama penyelenggaraan diklat terdapat pelayanan yang kurang baik. Dan kepada seluruh peserta diklat yang akan memperoleh sertifikat pada hari ini, saya sampaikan ucapan selamat, semoga sukses dimanapun kalian berada," ucap Kabid II Keselamatan Berlayar Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan.


Lebih lanjut Teddy menjelaskan, seperti yang telah disampaikan dalam pidato pelantikan Presiden RI Joko Widodo, bahwa tugas Pemerintah saat ini tidak hanya menjamin suatu kegiatan sent (telah terkirim) namun juga harus memastikan delivered (telah diterima), serta yang utama bukan prosesnya namun adalah hasilnya. 

"Analogi ini dapat diartikan agar Diklat Pemberdayaan Masyarakat yang telah dilaksanakan ini selain tepat guna dan tepat sasaran, tetapi dapat juga langsung dirasakan manfaat atau hasilnya melalui penerbitan dan pemberian sertifikat," lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Sugeng Wibowo yang diwakili Kabid II Keselamatan Berlayar Capten Teddy Mayandi membuka kegiatan sekaligus melakukan Penyerahan Sertifikat Diklat Pemberdayaan Masyarakat Program BST dan SKK 60 Mil kepada para peserta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kabid II Keselamatan Berlayar Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Capten Teddy Mayandi bersama pejabat utama dan Staf, perwakilan dan Tim STIP Jakarta, Lantamal I Belawan, Ditpolair Polda Sumut, Otoritas Pelabuhan Belawan, Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, perwakilan General Manager PT. Pelindo I (Persero) Cabang Belawan, Lurah Belawan I Kecamatan Medan Belawan dan 325 peserta penerima sertifikat. 
Komentar Anda

Berita Terkini