Temu Pers Walikota Gunungsitoli Ir.Lakhomizaro Zebua, Terkait Pembagunan di Berbagai Bidang Telah Tercapai.

author photo
Reporter : Suar N

Moltoday.com |G.Sitoli - Dalam temu persnya, dihadiri puluhan para kepala Biro dan wartawan media cetak dan elektronik Kota Gunungsitoli, Senin 16 Desember 2019 bertempat di Hotel Kaliki Beach Kota Gunungsitoli.

Diawali Sekda Kota Gunungsitoli Ir.Agustinus Zega menjelaskan" temu pers bertujuan menyampaikan informasi terkait kebijakan pemko tahun 2019, klarifikasi berbagai isu dan penyampaian Walikota Ir.Lakhomizaro Zebua terkait Pencapaian Prestasi Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Walikota Ir.Lakhomizaro Zebua memaparkan" saya dan pemerintah berharap kepada wartawan dalam menyampaikan sebuah informasi hendaknya berbentuk solusi demi membangun kota Gunungsitoli".

Temu pers ini kita laksanakan setiap tahun, kita berterima kasih APBD 2019 sudah berjalan dengan baik, dan masih ada yang kita benahi, dengan sisa waktu ini mari kita berjuang bersama, nanti dimasa pemeliharaan disitu kita benahi.

lanjut Walikota" Berbagai kegiatan pembangunan di Tahun 2019 ini:
1. Pembangunan Jalan Strategis dikecamatan, demi kemajuan kawasan pariwisata.
2. Pembangunan tempat pariwisata Air Terjun Humogo di Gunungsitoli Idanoi, tahun ini akan kita tuntaskan, Humogo Ikon Pariwisata dan pemerintah kota akan menyerahkan kepada desa untuk mengelola, memelihara dalam bentuk BUMDES sesuai peraturan demi menambah PAD desa.
3. Pembangunan Jalan Hotmix menuju Jalan tempat Pariwisata Gua Togindrawa sebagai kawasan cantik, wisata budaya, tahun depan akan kita lanjutkan dengan melengkapi kios-kios untuk pedagang sovenir atau jualan lain.
Masyarakat Togindrawa telah menghibahkan tanahnya dengan gratis dan pengelolaannya pemko menyerahkan kepada desa masyarakat setempat.
4. Pembangunan Kantor-kantor Pemerintahan Kota sudah kita tuntaskan, kedepan Kantor DPRD kota Gunungsitoli harus kita bangun.
5.Tahun 2020 ini kita membangun jalan alternatif seperti jalan di Honu-Boyo kecamatan Gunungsitoli. Karena situasi jalan ini bisa ancaman kepada sipengguna jalan, anak sekolah dan bisa longsor.
6. Kita telah membangun jembatan ke 4 kali Nou tepat dijalan Ampera, masyarakat dari arah Hilinaa bisa cepat sampai jika kekantor Walikota Gunungsitoli dengan adanya jalan alternatif.
7. Kita telah menata Lapangan Merdeka dan telah kita bangun Tugu Gempa dan baru nampak keindahan Pantai Taman Yaahowu agar bebas pandang, hal ini kita telah jalin komunikasi kepada Pemkab Nias.
Lapangan merdeka adalah titik 0 makanya kita tempatkan disitu tugu gempa.
8. Lapangan Parkit Taman Yaahowu telah kita jadikan Pusat Jajanan Malam, pedagang berterima kasih kepada pemerintah Kota, disamping itu kita bantu pedagang dengan memberikan listrik gratis kepada mereka, saya berharap dan sangat senang jika disepanjang jalan taman yaahowu masyarakat berjualan bentuk Cave Coffie.
9. Didepan Taman Kita sudah sediakan Lapangan Parkir, tidak boleh parkir disepanjang jalan taman.
10.Pembangunan Kantor kantor harus kita keluarkan dari kota, seperti kantor-kantor di Dahana dan Kantor PUPR dll didesa Saewe.
10. Ada 2(dua)
Pembangunan Puskeskesmas yakni di Hilihao karena ada 8 desa disana, dan Puskesmas di Onanamolo kecamatan Idanoi, untuk 1Januari 2020 kita telah keluarkan SPT dan kita wajibkan Dokter dan Bidan sudah bertugas, dan pemko telah anggarkan 12 Miliard untuk pembelian alat-alat kesehatan.
11. Menteri perhubungan sudah Menyerahkan Kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli Pelabuhan Roro di Siwalubanua. Kita usahakan agar pelabuhan ini difungsikan dari Gunungsitoli menuju Sibolga, tidak hanya kedaerah Singkil saja.Ini berguna mencegah kemacetan, membuka lapangan kerja.
12. Sebagai Pemimpin Kita Jangan Pelit Kepada Rakyat, Kita harus pro rakyat. Tentang Pembangunan Tempat Jual Buah di Jalan Cipto Mangunkusumo depan RSU Gunungsitoli, itu bersifat sementara, Jika ada saran lokasi lain kita akan pindahkan." Kasihan Kita Kepada Inang-inang setiap hari kena hujan dan panas jika jualan. Kita Jamin Tidak Macet jalur lintas tersebut karena ada jalan alternatif seperti diuraikan diatas.

Dialog dan diskusi dalam temu pers ini dihadiri oleh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah sekota Gunungsitoli.

Wartawan menanggapi dan mengajukan pertanyaan dalam diskusi ini. Dan Walikota menerima saran dan pendapat para wartawan, dan langsung walikota memerintahkan para kadis yang membidangi tugas akan saran, pengaduan serta informasi yang disampaikan.

Mengakhiri, Walikota Gunungsitoli Ir.Lakhomizaro Zebua mengatakan" Terima kasih kepada masyarakat sekota Gunungsitoli terlebih -lebih kepada para insan media cetak dan elektronik yang telah bersama membangun dan mendukung pemerintah kota Gunungsitoli( Suar NW)
Komentar Anda

Berita Terkini