Kepala KSU Belawan Dan Stakeholder Dampingi Kunjungan Kerja Menhub Ke TPK Belawan

author photo

Belawan, MOLTODAY.COM - Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Sugeng Wibowo bersama Stakeholder Pelabuhan Belawan mendampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kunjungan kerja (Kunker) ke Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan fase II, Medan Sumatera Utara, Sabtu (4/1/2020) siang sekira pukul 13.30 Wib.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang juga didampingi Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah ini, dalam kunjungan kerjanya memberikan solusi bagi pengembangan Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Kuala Tanjung untuk mendukung sebagai pusat alih muatan kapal (transhipment) dan sebagai pelabuhan yang terintegrasi dengan kawasan industri.

"Sumatera Utara ini salah satu provinsi yang memiliki potensi ekonomi yang bagus oleh karenanya saya ditugaskan Pak Presiden Joko Widodo untuk memetakan apa potensi dan hambatan di Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Kuala Tanjung," ujar Menhub. 

Menhub mengatakan untuk Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Kuala Tanjung ada beberapa hal yang akan dilakukan yakni ada tanah pemerintah untuk kerjasama pemanfaatan (KSP) kepada Pelindo I agar lebih leluasa dalam pengelolaan.

"Untuk itu diharapkan volume perdagangan akan meningkat karena lokasi menjadi lebih besar," kata Menhub Budi Karya Sumadi.


Menurutnya, Pelabuhan Kuala Tanjung juga sangat strategis untuk jalur Selat Malaka, sebab kini sudah disediakannya jalan tol dan akses transportasi kereta api.

Oleh karena itu, masih kata Menhub, Pelabuhan Kuala Tanjung memiliki dua fungsi, yaitu sebagai pusat alih muatan kapal (transhipment) dan sebagai pelabuhan yang terintegrasi dengan kawasan industri.

"Pelabuhan Kuala Tanjung memiliki dua fungsi, yang pertama sebagai pusat alih muatan kapal (transhipment) dan sebagai pelabuhan yang terintegrasi dengan kawasan industri," tutur Budi Karya Sumadi.

Menhub mengharapkan Pelabuhan Kuala Tanjung juga harus memiliki dua fungsi yakni sebagai transhipment dan sebagai destinasi dari dan ke Kuala Tanjung.

Menteri Perhubungan meminta pemerintah daerah turut mendukung untuk menyiapkan segala sesuatu termasuk pembebasan lahan tanah dan juga mengajak semua pihak untuk menyukseskan pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung.

"Sinergitas antara BUMN, Pemda, Swasta dan Pemerintah Pusat harus dilakukan agar ada solusi yang baik bagi pembangunan Provinsi Sumatera Utara dan Pelabuhan Kuala Tanjung," urainya.

Sementara Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Sugeng Wibowo menyambut baik kunjungan kerja dan mendukung program Menteri Perhubungan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada pak Menteri Perhubungan atas kunjungannya ke Pelabuhan Belawan," ucap Sugeng Wibowo.

Selain Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, dalam kunjungan kerja Menteri Perhubungan juga disambut oleh Direktur Utama Pelindo I Dian Rachmawan untuk melihat kesiapan TPK Belawan Fase II dalam rencana pengoperasian dan Progress Terminal Peti Kemas Fase I yg akan diintegrasikan pengelolaannya.

(Ridwan)
Komentar Anda

Berita Terkini