PENGAMANAN NATAL POLRES TJ BALAI

HARI JUANG TNI KODAM I/BB

PRM Res Tj.Balai

Polres Pakpak Bharat LaksanakanSimulasi Penanggulangan Bencana

author photo
Published: MBN70
Editor       :Redaksi

Moltoday.com.l- Pakpakbharat- Polres Pakpak Bharat laksanan simulasi Penanggulangan Bencana Alam di Kabupaten Pakpak Bharat Kamis (16/01/20) Pukul 10.00 Wib. Dilapangan Napasengkut Salak Kota Kabupaten Pakpak Bharat.
Kegiatan ini diselengarakan oleh Polres Pakpak Bharat beekerja sama dengan BPBD, Dinas Kesehatan, Kementrian Sosial, TNI dan Instansi terkait lainnya. Dijelaskan oleh Kabag Ops Kompol Darnes Habeahan selaku kordinator lapangan  bahwa simulasi ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada Aparatur negara maupun masyarakat supaya menjadi siap siaga dan tangguh menghadapai setiap bencana apapun.

Skenario pada Simulasi yang digelar ini seolah olah terjadi tanah longsor di Desa Kerajaan, Kecamatan STTU Jehe, Dalam simulasi ini menggambarkan bahwa pada hari Kamis  tanggal 16 Januari 2020 sejak semalam sampai pagi ini terjadi hujan terus menerus dengan intensitas yang sangat tinggi.

Segera Personil Patroli Polsek Salak Resort Pakpak Bharat mengudara memberitahukan kepada Kapolsek Salak melalui pesawat radio tentang kondisi keadaan Terkini, Setelah ditemukan kejadian bencana longsor, Unit Patroli yang dikoordinir oleh Bripka Jhon Victor segera menghubungi  Kapolsek Sukarame AKP J. Paranginangin dan meneruskan ke pimpina secara berjenjang, Selanjutnya Kabag Ops Melaporkan Kejadian Tersebut Kepada Kapolres Pakpak Bharat Akbp Alamsyah Parulian Hasibuan Sik, MH.
"Dilaporkan telah terjadi bencana tanah longsong di Desa Kerajaan Kecamata STTU Jehe, ujar Kabag Ops.

Anggota Unit Patroli Polres Pakpak Bharat Beserta Kasat Sabhara AkP Adil Ginting melaksanakan pengamatan di wilayah Desa Kerajaan Kecamatan STTU Jehe yang menjadi Tempat Kejadian tanah longsor. "Dilaporkan tanah longsor telah terjadi  lanjut Kasat Sabhara memberikan Pertolongan Pertama berupa membersihkan tanah dengan alat manual dan menolong beberapa orang yang terjebak oleh tanah longsor," ungkap kasat

Dilanjutkan Kabag Ops mengumumkan semua Personil agar berkumpul di TKP tanah longsor, Tidak lupa Kabag Ops memberikan info bencana alam ini kepada BPBD, agar segera unit alat berat menuju lokasi tanah longsor dan memberikan informasi ini ke dinas terkait di Kabupaten Pakpak Bharat Dinas BPBD mengkordinasikan kejadian ini kepada Dinas Kesehata, Dinas Perhubungan,  Dinas PUPR, Dinas kementrian Sosial, TNI dan Instansi terkaitlainnya untuk segera menuju tempat kejadian tanah longsor tersebut.

Dengan singkat kegiatan Gladi Dalam lapang, simulasi bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Kerajaan Kecamatan STTU Jehe,  mengakibatkan korban meninggal 1 orang dan luka berat 3 orang, dengan segenap kemampuan petugas medis dibantu seluruh Tagana dan Receu petugas Desa, Personil Polres dan TNI Pakpak bharat memberikan pertolongan dengan sigap.

Dalam kegiata simulasi ini Kapolres Pakpak Bharat mengatakan "Tujuan diadakan gladi lapang ini adalah Melatih Aparatur Negara Memberikan Pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam menghadapi segala bencana alam, sehingga masyarakat dapat merasakan bantuan yang di berikan oleh negara sekalipun dalam penangguhan bencana. Cepat tanggap dan tanggung menangani korban bencana dengan dibantu oleh semua instansi. Dan meminimalisir sekecil mungkin akibat dari bencana alam ini". Ucap Kapolres.
Komentar Anda

Berita Terkini