PENGAMANAN NATAL POLRES TJ BALAI

HARI JUANG TNI KODAM I/BB

PRM Res Tj.Balai

Posko Angkutan Natal 2019 Dan Tahun Baru 2020 di Pelabuhan Belawan Resmi Ditutup

author photo

Belawan, MOLTODAY.COM - Bertempat di aula Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan Kota Medan Provinsi Sumatera Utara, Pos Koordinasi (Posko) angkutan laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Pelabuhan Belawan secara resmi ditutup, Rabu (8/1/2020) siang sekira pukul 12.00 Wib.

Kegiatan penutupan dipimpin oleh Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Belawan Capt. Marihot Simanjuntak, dalam pembacaan sambutan Dirjen Perhubungan Laut yang menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) sehingga penyelenggaraan angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 berjalan baik dan kondusif.

Dirjen Perhubungan Laut menerangkan dalam sambutan tertulis, bahwa dari data yang diperoleh khusus bagi Pelabuhan Bandar Deli Belawan sendiri, lonjakan penumpang Arus Mudik terjadi pada tanggal 24 Desember 2019 dengan jumlah 3.860 orang dan arus balik terjadi pada tanggal 5 Januari 2020 dengan jumlah 3.842 orang dengan rincian untuk penumpang turun pada tahun 2019. 

Jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu mencapai 5.680 jiwa atau naik 42,49 persen dan untuk penumpang yang naik pada tahun 2019 jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu mencapai 8.608 jiwa atau naik 52,19 persen dengan total kenaikan keseluruhan penumpang angkutan Natal dan Tahun Baru di seluruh Pelabuhan di Indonesia dengan jumlah 14.292 orang atau meningkat 47,80 persen.

Di sela-sela kegiatan, Kepala Status Hukum dan Sertifikasi Kapal Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, Rajuman Sibarani, MM., mengatakan untuk kelayakan kapal sebelumnya sudah melalui proses pemeriksaan, sehingga kapal tersebut memang layak untuk dioperasikan.

Dengan animo masyarakat dalam jumlah penumpang disaat hari-hari perayaan nasional, seperti Idul Fitri, Natal dan tahun baru ataupun hari libur nasional lainnya, dirinya berharap agar perusahaan pelayaran menambahkan armadanya terutama untuk perjalanan Pelabuhan Belawan dan Batam.

"Setidaknya ada penambahan kapal untuk peningkatan pelayanan bagi masyarakat yang ingin mudik," ujar Rajuman Sibarani.

Sementara Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Laut Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, M.Kendeka Bastari menjelaskan Menteri Perhubungan sudah menetapkan bahwa angkutan Natal dan Tahun Baru yang dimulai pada 18 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020.

"Nah, sekarang kita sudah pada akhir angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 lalu kita tutup hari ini, dan secara resmi ditutup oleh Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Belawan," jelas Kendeka.

Dirinya menerangkan penutupan Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru ini lebih melaksanakan ramah tamah semua Stakeholder Pelabuhan Belawan.

"Berhubung Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Belawan pejabat baru, kita lebih mengambil kegiatan ramah tamah guna lebih kenal dan akrab terhadap wilayah kerja yang baru dan mempererat silaturahmi ke semua Stakeholder Pelabuhan Belawan," tutur Kendeka.

Disebutnya, untuk kedepannya berharap akan berupaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang sedang mudik

"Kita akan lebih tingkatkan kerjasama dengan seluruh instansi dan Stakeholder Pelabuhan Belawan," urai Kendeka.

Penutupan Posko ini juga dihadiri oleh Kesyahbandaran Utama Belawan, Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Distrik Navigasi Belawan, Imigrasi, Dit Polair Polda Sumut, Yonmarhanlan I Belawan, Pelindo I (Persero) Cabang Belawan, PT Pelni (Persero), perwakilan Lantamal I Belawan, karantina Belawan, Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara dan stakeholder Pelabuhan Belawan," ucapnya. 

(Ridwan)

Komentar Anda

Berita Terkini