Terima Info Warganya Sakit, Ini Yang Dilakukan Bupati Asahan

author photo

ASAHAN |Bersama beberapa pejabat dilingkungan Pemerintah Kab. Asahan, Bupati Asahan H. Surya sempatkan besuk warganya yang berdomisili di Kec. Air Joman sedang menderita sakit. Sebelumnya pasca tinjau pelaksanaan gotong royong di Kec. Air Joman, Bupati Asahan mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada warga Kec. Air Joman yang kurang mampu sedang menderita sakit. Menerima informasi masyarakat tersebut, Bupati Asahan langsung menginstruksikan kepada beberapa pejabat yang ikut bersama beliau dalam kegiatan gotong royong untuk menjenguk warga yang sakit itu, Minggu (26/1/2020).

Selanjutnya berdasarkan informasi masyarakat diketahui ada dua warga Kec. Air Joman yang menderita sakit serius yaitu Misli warga Desa Banjar yang menderita lumpuh selama 9 tahun, dan Indra Gunawan warga Desa Lubuk Palas penderita sakit ginjal dan telah lima tahun lakukan cuci darah. Sesampainya di kediaman Misli, Bupati Asahan menyampaikan rasa empatinya kepada Misli. Dari Misli, Surya mengetahui bahwa kelumpuhan yang dideritanya diakibatkan kecelakaan tertimpa pohon kelapa. “dulu saya tertimpa pohon kelapa, Pak. Dan belum pernah mendapat perawatan yang serius”, ujar Misli. Menyikapi hal tersebut, Surya meminta Camat Air Joman Ruslan, untuk segera membawa Misli ke RSUD HAMS agar mendapat perawatan medis yang sebaiknya. Hal itu, juga disampaikan Surya ketika jenguk kondisi Indra Gunawan, warga Desa Lubuk Palas yang menderita sakit ginjal. Dalam kesempatan itu, Surya juga menyerahkan bantuan kepada kedua warga yang derita sakit tersebut.

Pasca menjenguk kedua warga Air Joman tersebut, Surya meminta Dinas Kesehatan pedomani visi misi Kabupaten Asahan di bidang kesehatan. “Dinas Kesehatan harus lakukan kontrol terhadap peran Puskesmas di Kecamatan, karena Puskesmas merupakan garda terdepan mengatasi masalah kesehatan masyarakat di Kecamatan”, tandas Surya. Dirinya juga meminta seluruh Camat se-Kab. Asahan untuk cepat tanggap bila mendapat laporan warga kecamatannya yang kurang mampu sedang menderita sakit serius. “Camat harus tanggap terhadap permasalahan yang ada di kecamatannya, khusus di bidang kesehatan hendaknya camat juga proaktif lakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan”, pungkas Surya.(Nurhidayat)
Komentar Anda

Berita Terkini