Bupati Asahan Resmi Buka Perhelatan MTQ Ke-51 Tingkat Kab. Asahan

author photo

Asahan (Moltoday.com)  |Sebagai suatu program Nasional yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari Tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi Hingga Nasional , Musabaqah Tilawatil Quran merupakan salah satu upaya menggalakkan semangat masyarakat di setiap wilayah untuk lebih mencintai Al Quran. Untuk itu, setiap pelaksanaannya diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk beramai-ramai menghadiri event yang digelar setiap tahun tersebut.

Tahun ini,Pemerintah Kabupaten Asahan kembali gelar Musabaqah Tilawatil Quran dengan Kecamatan Tinggi Raja bertindak sebagai tuan rumah penyelenggaraan. Gelaran MTQ ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2020 dibuka langsung oleh Bupati Asahan H. Surya, B.Sc, Selasa, (11/2/2020)  . Bertempat di Lapangan Sepakbola Divisi I Kuala Piasa Desa Tinggi Raja Kecamatan Tinggi Raja, kegiatan tersebut juga turut dihadiri Forkopimda Asahan, Anggota DPRD Propsu, Para Asisten, OPD, Ketua MUI Kab. Asahan, Ketua TP PKK Kab. Asahan beserta pengurus, Kakan Kemenag, Camat se-Kab. Asahan, Dewan Hakim MTQ, Kafilah MTQ Kecamatan Se-Kab. Asahan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, OKP serta masyarakat.

“pelaksanaan MTQ Tingkat Kab. Asahan digelar dari tanggal 11-15 Februari 2020”, demikian disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. John Hardi Nasution, M.Si selaku Panitia Pelaksana dalam laporannya. Dirinya juga menyampaikan MTQ tahun ini diikuti oleh kafilah dari 25 Kecamatan dengan jumlah peserta 715 orang.  “peserta tersebut nantinya akan mengikuti berbagai cabang Musabaqah yakni Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Hifzil Quran, Musabaqah Khattil Quran, Musabaqah Fahmil Quran dan Musabaqah Syarhil Quran” urai John Hardi.

Sementara Bupati Asahan H. Surya, B.Sc dalam sambutannya kembali mengajak masyarakat untuk memaknai pelaksanaan MTQ sebagai momentum memberantas buta aksara Al Quran. Surya juga berharap pelaksanaan MTQ hendaknya tidak dipandang sekedar pentas kompetisi saja, namun MTQ diharapkan dapat menjadi media dakwah dan syiar keagamaan bagi masyarakat. “banyak nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al Quran yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam mengarungi kehidupan, karena itu melalui pelaksanaan MTQ diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat untuk mempelajari Al Quran beserta segala makna yang terkandung di dalamnya”, pungkas Surya.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Asahan bersama Forkopimda, Ketua MUI, Kakan Kemenag lakukan penekanan tombol sirine dan pelepasan balon sebagai tanda dibukanya perhelatan MTQ ke-51Tingkat Kab. Asahan.(Nurhidayat)
Komentar Anda

Berita Terkini