Bupati Taput Buka Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2021

author photo
Published: Panji
Editor       : MBaktiN70

Moltoday.com.-l- Tapanuliutara - Bupati Taput Drs. Nikson Nababan, M.Si bersama Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat, SH membuka Konsultasi Publik Rencana Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2021 yang jug adi hadiri Dandim 0210/TU Agus Rony Widodo, Ketua DPRD Taput Poltak Pakpahan, Wakil Ketua DPRD Fatimah Hutabarat, Ketua Pengadilan Negeri Zefri Harahap, Kapolres Taput/mewakili dan Sekda Indra Sahat Simaremare, bertempat di Gedung Kesenian Sopo Partungkoan-Tarutung. (Senin, 17/02/2020).

Dalam arahan Bupati menekankan yang menjadi fokus prioritas utama pada tahun 2021 adalah pada 5 sektor, infrastruktur jalan, pertanian, UMKM, pendidikan dan kesehatan.
"Fokus pertama kita masih pada pembangunan infrastruktur jalan sebagai interkoneksi antar kecamatan, desa, sentra pertanian dan pemukiman.

Pada sektor pertanian perlu penyediaan alat-alat pertanian, bibit tanaman, pembukaan lahan tidur.
Pertumbuhan UMKM harus didorong berkembang dengan memberikan kemudahan mengurus ijin termasuk penambahan modal KUR.

Pada sektor pendidikan, tahun depan kita memprioritaskan kelas unggulan pada sekolah, bukan berarti tidak memperhatikan kelas lain, jangan ada lagi masalah kekurangan ruangan kelas dan guru, harus ada pemerataan guru. Pada sektor Kesehatan, perlu perhatian pada fasilitas sarana prasarana puskesmas pembantu harus lengkap, puskemas harus memiliki dokter spesialis.

RSU Tarutung harus tetap ditingkatkan pelayanannya sambil menunggu kejelasan status lahan," ucap Bupati.
Srlanjutnya, Bupati juga mencontohkan pada sektor pariwisata walaupun bukan prioritas utama tetapi harus tetap fokus dengan dana yang tersedia sehingga manfaatnya lebih terasa.

"Selain beberapa prioritas yang saya sampaikan tadi, semua OPD harus tetap merencanakan kegiatan prioritas yang tetap mendukung Visi dan Misi dengan sasaran, tujuan dan outputnya harus jelas. Kemudian agar dimasukkan juga ke dalam Ranwal RKPD kita terkait rencana pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya, pembangunan jalan tol dari Danau Toba menuju Tapanuli Tengah untuk mempermudah menjangkau wisata bahari Nias, pembukaan jalan strategis nasional menuju kawasan Sei Mangke," tegas Bupati.
"Perlu juga sinkronisasi antara APBD dan Dana Desa sehingga pembangunan lebih cepat dan terarah.

Bagaimana kita bisa mengkombinasi dengan Dana Desa karena kita rencanakan pengadaan rice milling untuk mendongkrak pertanian dan peternakan. Kita harus memikirkan langkah-langkah bagaimana membuat Tapanuli Utara yang semakin baik dengan masyarakat yang sejahtera," ujar Bupati mengakhiri arahannya dan membuka Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2021.
Kegiatan Konsultasi Publik juga dihadiri para Anggota DPRD Taput, para Staf Ahli Bupati, Asisten, pimpinan OPD/Camat, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan yang diisi dengan beberapa pemaparan.

Para narasumber  yang menyampaikan paparan antara lain, Kepala Bappeda Taput Luhut Aritonang, Kepala BPS Taput Ester Sitorus, pelaku teknologi digital Mahendra Sitepu dan Herie Saksono peneliti dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri.
Komentar Anda

Berita Terkini