Camat Sunggal Ajak Staf Bersihkan Pekarangan Dan Akses Jalan Disekitarnya.

author photo

Sunggal.Moltoday.com - Usai melaksanakan senam bersama yang rutin dilakukan disetiap Jum'at pagi, Camat Sunggal Ismail S.STP, MSP bersama para stafnya mulai memunguti sampah lalu memasukkannya kedalam goni, hal ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Sampah Nasional yang jatuh hari ini, Jum'at (21/2/2010).

Camat dan rombongan bergerak perlahan menyusuri pekarangan dan jalanan di sekitar kantor, dengan memunguti sampah yang ada dikanan dan kiri jalan tersebut. "Kegitan ini kita lakukan untuk mengajari masyarakat dalam berpola hidup bersih dan sehat. Sehingga lingkungan tempat tinggal mereka terbebas dari kuman yang bisa menyebarkan berbagai penyakit," ucapnya kepada wartawan.

Sebab, sambung Ismail, saat ini banyak juga hasil limbah sampah rumah tangga yang mempunyai nilai ekonomis juga. "Misalnya botol aqua bekas maupun plastik pembungkus belanjaan yang apabila dikumpul bisa dijual kembali dan uangnya bisa ditabung," jelasnya.

Selain itu, tambah Ismail, sampah dedaunan bisa dioleh menjadi pupuk organik, yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk tanaman disekitar tempat tinggal kita. Dan sampah yang tidak bisa diolah barulah dibuang ke tong sampah.

Sesampainya di persimpangan empat Dusun IX Desa Sei Semayang, Camat mendapat laporan dari seorang warga bernama Deliani (47) yang mengatakan persimpangan ini dijadikan lokasi pembuangan sampah oleh orang tak dikenal.

"Sehingga apabila turun hujan deras, sampah tersebut akan terbawa air masuk kedalam parit. Sehingga secara otomatis paritnya tersumbat, yang mengakibatkan air patit masuk kedalam rumah warga sekitar," terang Deliani

Mendapat laporan ini, Camat Sunggal berjanji akan membentuk tim untuk membersihkan dan memantau siapa orang yang dengan sengaja sudah membuang sampah sembarangan. "Dengan catatan, seluruh warga harus mau bekerja sama menjaga kebersihan lingkungan secara bersama-sama," pintanya

(A-1Red).
Komentar Anda

Berita Terkini