Jelang HUT Ke-74, POM AL Lantamal I Belawan Kembali Gelar Bakti Sosial Berupa Sunatan Massal

author photo

Belawan, MOLTODAY.COM - Dalam rangka memperingati HUT Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL) yang ke 74 tahun 2020, Polisi Militer Lantamal I Belawan menggelar bakti sosial berupa sunatan massal, Kamis (13/2/2020).

Bakti sosial sunatan massal yang dibuka langsung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Belawan, Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M., dan diikuti oleh 60 orang anak yang mendaftarkan diri sebagai peserta sunatan massal.

Dalam sambutannya, Danlantamal I Belawan menyampaikan kegiatan ini merupakan cara TNI Angkatan Laut Khususnya Lantamal I serta POMAL Lantamal I Belawan untuk memberi kontribusi kepada masyarakat di sekitarnya.

Di samping memfasilitasi masyarakat dalam memenuhi syariat Islam, juga untuk menjaga kesehatan masyarakat di masa depan.

"Sunat (Khitan) ini kan di samping memenuhi syariat agama Islam juga untuk kesehatan," kata Danlantamal I Belawan

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Lantamal I, pada tahun ini diselenggarakan Pomal Lantamal yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Rumkital Dr. Komang Makes Lantamal I yang mengadakan bhakti sosial sunatan massal dalam rangka peringatan HUT Pomal yang ke-74.

"Peserta berasal dari Masyarakat sekitar Belawan terutama Kampung Nelayan Dan Panti Asuhan yang berada di Sekitar Medan Belawan. Danlantamal I berharap, tahun depan, diharapkan bisa menjangkau lebih banyak anak-anak lagi," tutur Danlantamal I.


Sementara Komandan Polisi Militer Angkatan Laut (Danpomal) Lantamal I Belawan, Letkol Laut (PM) Wakid Chomarudin, S.AP., M.Tr (Hanla) mengatakan melalui bakti sosial khitanan massal kali ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk mempererat silaturahmi dengan keluarga peserta khitanan massal.

"Polisi Militer Angkatan Laut yang akan memperingati Hari Ulang Tahunnya yang ke-74 bulan februari ini, sehubungan dengan hal tersebut Pomal Lantamal I melaksanakan bakti sosial yang juga merupakan Sunnah Rasulullah yaitu melaksanakan khitan yang kali ini diselenggarakan secara massal. Mudah-mudahan hal ini dapat membantu khususnya bagi masyarakat sekitar Belawan," ujar Danpomal Lantamal I Belawan.

Dirinya juga menyampaikan permohonan maaf bila dalam pelaksanaan kegiatan khitanan massal ini masih ada hal yang kurang berkenan di hati orang tua dan anak-anak peserta sunatan massal yang tentunya hal ini akan menjadikan evaluasi dan akan ditingkatkan pelayanan pada agenda bakti sosial berikutnya.

"Dalam kegiatan bakti sosial khitanan massal ini kita bekerja sama dengan Rumah Sakit Angkatan Laut dr. Komang Makes Belawan dan Dinas Kesehatan Lantamal I. Ada sekitar 15 orang tim medis dari Medical Emergency Rescue Committe (MER-C) yang terdiri dari dokter dan perawat yang turut membantu dan mendukung kegiatan khitanan massal dalam rangka HUT Pomal ke-74. Lebih dari 59 orang anak akan dikhitan yang berasal dari Panti Asuhan Al Wasliyah Pulau Brayan, Rumah Mengaji Al Maghrub Kecamatan Medan Belawan, Medan Labuhan, Medan Marelan dan Medan Baru, semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sesuai rencana," tutur Letkol Laut (PM) Wakid Chomarudin.

Setelah tiga hari, masih kata Danpomal, peserta bisa datang ke Rumkital Dr. Komang Makes untuk dibantu melepas perban. Pihak Rumah Sakit akan membantu hingga bekas sunat sembuh.

"Pomal akan memfasilitasi kendaraan terutama dari peserta Panti Asuhan dan Rumah Mengaji Al Maghrub dikarenakan jarak dan pesertanya banyak," tutup Danpomal Lantamal I Belawan.

Di kesempatan yang sama, Camat Belawan Ahmad SP turut menyambut gembira bakti sosial yang diselenggarakan Pomal Lantamal I Belawan. 

"Yang jelas sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih sekali karena perhatian dari Lantamal I khususnya Pomal Lantamal I ini sangat luar biasa. Dari tahun ke tahun meskipun tidak banyak diekspos tetapi kita rasakan langsung manfaat dan kehadirannya," kata Ahmad. 

Di sela-sela kegiatan, Danpomal Lantamal I Belawan yang juga didampingi Ketua Jalasenastri Inne Purwanti, yang tak lain adalah istri dari Danpomal Lantamal I Belawan turut menyempatkan diri untuk menyapa dan sekaligus menghibur anak-anak yang belum maupun yang sudah di khitan, yang diakhiri dengan foto bersama. (Hendra)
Komentar Anda

Berita Terkini