Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Gelar Rakor Antisipasi Virus Corona

author photo

Belawan, MOLTODAY.COM - Dalam rangka upaya pencegahan dan penyebaran masuknya virus corona melalui Pelabuhan Belawan, Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan bersama Stakeholder Pelabuhan Belawan menggelar rapat koordinasi (Rakor) pada, pencegahan dan penanganan penyebaran virus corona, Jumat (31/1/2020) di aula rapat Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan.

Untuk diketahui, rapat ini merupakan tindak lanjut pelaksanaan coffee morning yang sebelumnya digelar pada Rabu (29/1/2020) lalu, dalam rangka koordinasi pencegahan dan penanganan virus Corona di Pelabuhan Belawan.

Dalam rapat dikemukakan bahwa Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan bersama-sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Medan telah memiliki rencana kontijensi penanggulangan KKM (Kedaruratan Kesehatan Masyarakat) di Pelabuhan Belawan yang disusun pada tahun 2019 yang lalu.

Pada kegiatan penanggulangan terbagi dua yaitu, 

1. Pengawasan keberangkatan, yakni bila KKM berasal dari wilayah sekitar pelabuhan, pengawasan dilakukan terhadap lalu lintas orang, barang, dan alat angkut darat yang datang dari wilayah terpapar KKM yang masuk ke wilayah pelabuhan.

2. Pengawasan Kedatangan, yakni bila KKM berasal dari pelabuhan lain, pengawasan dilakukan terhadap lalu lintas kapal, berikut orang dan barang yang datang dari daerah maupun negara episenter pandemi.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Ir. Sugeng Wibowo melalui Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Umum dan Humas, Raden Yovial Adiwijaya, SH., menjelaskan untuk sasaran pelaksanaan rencana kontinjensi meliputi orang, hewan, kapal berikut barang ataupun peralatan yang berasal dari daerah maupun Negara episenter pandemi (terjangkit) berpotensi pandemi dan diduga terkontaminasi penyakit yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat.  

Dijelaskan, rapat juga menyepakati rencana pelaksanaan simulasi pencegahan dan penanganan virus corona yang diikuti oleh seluruh instansi terkait dengan berpedoman pada rencana kontijensi dimaksud pada Senin 3 Februari 2020 mendatang, bersamaan dengan kedatangan Kapal KM Kelud dari Batam di Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan sekira pukul 13.00 Wib.

Turut hadir pada rapat tersebut, Kesyahbandaran Utama Belawan, Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Pelindo I (Persero) Cabang Belawan, PT. Pelni (Persero) Medan, Lantamal I Belawan, Polres Pelabuhan Belawan, Imigrasi Kelas II Belawan, pengawasan dan pelayanan Bea dan Cukai Belawan, Kantor Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP, DPC INSA Belawan dan seluruh stakeholder Pelabuhan Belawan.

(Ridwan)
Komentar Anda

Berita Terkini