Kepala Desa Se- Kab. Asahan Ikuti Ekspos Program Desa Internet Mandiri

author photo

Asahan (Moltoday.com)  |Tindak lanjut dari amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Desa, Pasal 86, yang menyatakan bahwa Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi desa , Pemerintah Kab. Asahan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kab. Asahan gelar Ekspos Program Desa Internet Mandiri 2020. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Rabu (12/02/2020) diikuti oleh Camat, Pendamping Desa serta Kepala Desa se-Kab. Asahan.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Dinas Kominfo Kab. Asahan Riris Kusmiati dalam laporannya sampaikan maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan adalah untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman para pemimpin desa tentang pentingnya kedaulatan digital bagi masyarakat desa. Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan pengetahuan terkait merebut nilai tambah ekonomi dari bisnis internet.

Sementara Bupati Asahan dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Dinas Kominfo Nirwan Pase  menguraikan bahwa pada dasarnya untuk mewujudkan akses informasi melalui Sistem Informasi Desa, Pemerintah Daerah masih memiliki beberapa kendala seperti ketersediaan jaringan internet yang kurang memadai diseluruh desa serta kemampuan keuangan daerah yang terbatas. Untuk itu, Pemkab Asahan berikan apresiasi kepada APJII yang memberikan tawaran kerjasama melalui program desa internet mandiri. Konsep desa internet mandiri sendiri merupakan pembangunan insfrastruktur internet bagi masyarakat di desa dengan tidak mengandalkan dana dari APBN.

Dalam kesempatan tersebut Nirwan juga sampaikan pesan Bupati Asahan yang berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti ekspos ini dengan sebaik-baiknya. “gunakan momen ini untuk memperdalam pemahaman tentang Sistem Informasi Desa, terlebih tahun ini adalah tahun Pilkada sehingga akses internet sangat penting dalam proses penyampaian informasi secara cepat”, ujarnya. Selanjutnya Nirwan berharap kepada Narasumber yakni Kabid Keanggotaan Organisasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Handoyo Taher dan Kabid Teknologi dan Informatika Dinas Kominfo Kab. Asahan Zulkarnain dapat memberikan pemahaman kepada peserta tentang pentingnya kedaulatan digital bagi masyarakat desa.(Nurhidayat)
Komentar Anda

Berita Terkini