SYAHBANDAR

SYAHBANDAR

Sat Pol Air Polres Tanjung Balai, Lakukan Penyuluhan

author photo
KLIK VIDEO

Reporter : Ilhamsyah
Editor : Redaksi

T.Balai (Delinewstv)  |Menindaklanjutkan Surat Telegram Dirpolairud No. : ST/108/I/OPS 45/2020 tanggal 31 Januari 2020 ttg Antisipasi terjadinya Laka perairan yang diakibatkan oleh fenomena cuaca, Satpol Air Polres Tanjung Balai melaksanakan penyuluhan dan pemasangan spanduk untuk menghimbau perusahaan pelayaran dan penumpang yang akan melaksanakan pelayaran pada Jumat, 7 Februari 2020.


Kegiatan yang dipimpin Kasat Polair Iptu T. Sianturi bersama Personil Sat Pol Air mulai dari Pukul 11.30 WIB hingga 13.00 WIB, penyuluhan terkait langkah langkah Pengawasan terhadap kapal penumpang yang akan melakukan pelayaran dari Tanjung Balai menuju daerah lain supaya kapal penumpang berlayar dengan selamat sampai ke tujuan.


Dalam penyuluhannya, Kapolres Tanjung Balai, AKBP Putu Yudha Prawira,SIK.,MH., melalui Kasat Polair Iptu T. Sianturi menghimbau agar seluruh kapal penumpang yang berlayar agar, aktif berkoordinasi dengan petugas pelabuhan untuk melakukan pengawasan keberangkatan kapal dan melakukan pendataan pelabuhan, route Kapal dan jumlah Kapal yang menyeberangkan penumpang orang.


Masih dalam penyuluhan, Kasat Pol Air juga menghimbauan dan kepada para pengusaha, Nakhoda, Petugas Pelabuhan agar tidak membawa penumpang melebihi kapasitas muatan serta selalu menyediakan alat-alat keselamatan berlayar seperti Life Jaket dengan ketentuan 125%×jumlah penumpang yang diperolehkan, Ring buoy dan alat-alat tersebut mudah dijangkau untuk digunakan.

Selain itu, Kasat Pol Air Polres Tanjungbalai juga mensosialisasikan cara pemakaian Alat-alat keselamatan kepada para penumpang jika, menghadapi situasi/cuaca buruk (extrem) dan cara menyelamatkan diri jika terjadi situasi darurat saat berada di dalam kapal.


Pentingnya berkoordinasi dengan BMKG ttg up date cuaca terkini dan mempersiapkan personil SAR bersama alat-alat keselamatan jika terjadi laka laut atau bencana alam turut disampaikan dalam himbauan Kasat Pol Air Polres Tanjung Balai.
Adapun petugas pelabuhan kapal dan Nakhoda serta abk dan para penumpang yang telah diberikan bimbingan dan penyuluhan adalah :

1. Tangkahan GUDANGATAP dengan Kapal KM.Panipahan Bersatu kapal penumpang dari Tanjung Balai tujuan Panipahan kec Limau Kapas Kab.  Rokan Hilir Provinsi Riau yang bertambatan di Gudang Atap Kec.  Tanjung Balai Selatan kota Tanjung Balai.

2. Pelabuhan TIGASEN dengan Kapal KM.  MV. CITRA MANDIRI tujuan Sei Berombang, Labuhanbatu.

Dari hasil pengawasan yg dilakukan oleh petugas Satpolair Polres Tanjung Balai di kedua dermaga atau pelabuhan, ditemukan kekurangan sebagai berikut :

1. Life Jacket dalam kapal belum diberi merk ataupun logo.

2. Fasilitas dermaga/ sandar kapal dan fasilitas pelabuhan masih darurat dan lantai terbuat dari papan  telah banyak berlubang dan kropos karena usia atau TIDAK memenuhi  standart pelabuhan.

Seluruh rangkaian kegiatan berakhir pada pukul 13.00 Wib dalam keadaan aman dan baik.



Komentar Anda

Berita Terkini