SYAHBANDAR

SYAHBANDAR

Upaya Tingkatkan Mutu Pendidikan, Pemkab Asahan Gelar Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan

author photo

Asahan (Moltoday.com)  |Mewujudkan Asahan Cerdas, Pemerintah Kab. Asahan telah lakukan berbagai upaya untuk mendongkrak mutu pendidikan di Bumi Rambate Rata Raya tersebut. Salah satunya dengan menggelar Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Kamis (13/2/2020). Kegiatan tersebut juga dilaksanakan untuk memberikan informasi terkait perencanaan, pembangunan dan tujuan di bidang Pendidikan sekaligus satukan persepsi tentang tugas, pokok dan fungsi kepada Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Lingkungan Dinas Pendidikan Kab. Asahan.


“Kegiatan kali ini diikuti oleh 499 orang yang berasal dari Dinas Pendidikan, Koordinator Pengawas, Koordinator Penilik dan Satuan Pendidik Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kab. Asahan, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan, Kepala TK Negeri, Kepala SD Negeri, Kepala SMP Negeri”, demikian disampaikan Kadis Pendidikan Kab. Asahan Sofian awali laporannya. Sofian juga menuturkan saat ini jumlah guru Sekolah Negeri yang berada dibawah binaan Dinas Pendidikan Kab. Asahan sebanyak 5923 orang yang terdiri dari Guru PNS sebanyak 3.497 orang dan Guru Non PNS sebanyak 2426 orang.

Sementara dalam kegiatan yang turut dihadiri Kadis Pendidikan dan Kadis Kominfo Kab. Asahan tersebut Bupati Asahan ajak seluruh jajaran Dinas Pendidikan untuk laksanakan amanah yang diberikan dengan memakai pola tertib 3T yakni Tertib Administasi, Tertib Anggaran dan Tertib Bertugas. "Melalui penerapan sistem 3T diharapkan kepada kita dapat memperoleh hasil yang maksimal peningkatan mutu pendidikan dalam mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kab. Asahan khususnya wujudkan Asahan yang Cerdas," pesan Surya.


Lebih lanjut Surya juga sampaikan bahwa Pemkab Asahan telah lakukan berbagai terobosan dalam meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya adalah melakukan kerjasama dengan Tanoto Foundation. Program “pintar” kerjasama antara Pemkab Asahan dan Tanoto Foundation berfokus pada pengembangan inovasi untuk kualitas pembelajaran dengan membentuk 24 sekolah model tingkat SD/MI dan SMP/MTs. “Kita juga telah laksanakan kerjasama dengan Yayasan Literasi Indonesia untuk program peningkatan Literasi di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah untuk 12 Sekolah di Kec. Air Joman dan Kec. Silau Laut” tambah Surya.



Selanjutnya upaya lain yang telah dilaksanakan adalah dengan jalinan kerjasama dengan Putra Sampoerna Foundation untuk program beasiswa kuliah di Arizona University Amerika Kampus Indonesia Sampoerna University bagi siswa/i lulusan SMA dari Kab. Asahan dan Program Teacher Learning Centre atau Pusat Belajar Guru yang nantinya akan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada para guru untuk dapat berinovasi dan mengembangkan metode pembelajaran agar lebih baik dan kreatif. Diakhir bimbingan dan arahannya beliau berharap agar seluruh stakeholder di bidang pendidikan dapat terus tingkatkan kreasi dan inovasi dalam upaya peningkatan SDM menuju Asahan yang cerdas.(Nurhidayat)
Komentar Anda

Berita Terkini