SYAHBANDAR

SYAHBANDAR

BI Terus Beri Sosialisasi QRIS Untuk Masyarakat Sumut.

author photo

Medan.Moltoday.com -Didalam mendorong implementasi pemahaman akan manfaat ekonomi digital, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumatera Utara  (KPw Sumut) akan melaksanakan pekan Quick Responds QR Code Indonesia Standard (QRIS) Nasional (PQN) yang digelar pada 9 -13 Maret 2020.

“Puncak acara PQN di KPw Sumut pada itu dari 14 -15 Maret 2020 di Lapangan Benteng Medan,” kata Kepala Perwakilan BI Sumut Wiwiek Sisto Widayat, Selasa (10/3/2020)

Menurut Wiwiek, Bank Indonesia akan memperkuat perluasan akseptasi QRIS dan elektronifikasi yang dilaksanakan serentak pada seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia.

Kegiatan tersebut juga untuk memperkuat kebijakan sistem pembayaran guna mendukung pertumbuhan ekonomi antara lain melalui perluasan akseptasi QRIS serta elektronifikasi bansos dan transaksi keuangan Pemda.

BI berharap dukungan investasi dan Implementasi RUU Cipta Kerja dan Perpajakan, dengan koordinasi pemerintah dan otoritas.

“Meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait guna memperkuat sumber, struktur, dan kecepatan pertumbuhan ekonomi, termasuk mendorong investasi melalui proyek infrastruktur dan implementasi RUU Cipta Kerja dan Perpajakan,” ucap Wiwiek.

Berdasarkan data pada Januari 2020, total uang elektronik yang beredar di Sumatera Utara sebanyak 2,19 juta UE, dengan pangsa terbesar sebanyak 60% persen berada di  Medan, disusul Deli Serdang, Binjai dan Langkat.

Adapun mayoritas UE yang beredar merupakan 77% server-based dan 51% UE registered.
Dari sisi volume transaksi UE, pada  Januari 2020 terjadi penurunan sebesar 12,1% (mtm) dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Tren penurunan ini diprediksi disebabkan menurunnya tingkat konsumsi masyarakat pasca libur Natal dan Tahun Baru serta mulai berkurangnya promo yang diberikan  para penyelenggara UE.

Dijelaskannya, pekan QRIS juga dimeriahkan dengan fun bike bagi masyarakat umum dan bazaar di lapangan Benteng Medan.

Selain itu sambung Wiwiek, bagi para Wartawan akan diadakan lomba blog dan foto serta menulis artikel berhadiah.
Bagi pemenang lomba tulis artikel dan lomba foto tersebut akan diumumkan pada 13 Maret 2020 pada pukul 24.00 wib.

“Untuk memeriahkan pekan QRIS ini kita menghadirkan artis Donnie Sibarani ex ADA BAND dan Lyodra Idol. Diharapkan masyarakat terutama kaum milineal menjadi lebih tertarik   mengikuti kecahgihan teknologi  QRIS,” tegas Wiwiek.

(A-1Red)
Komentar Anda

Berita Terkini