BI - Woi Pake QRIS lah, Peten Kali Bah !.

author photo

Medan.Moltoday.com - Kepala Perwakilan Wilayah BI Sumatera Utara Wiwiek Sisto Widayat bersama unsur pimpinan BI mengadakan bincang-bincang bareng bersama media, baik media cetak, TV maupun media Online terkait dampak Virus Corona terhadap pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara, di Lantai 3 Gedung Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara, Kamis (5/3/2020).

Dalam bincang bareng ini Wiwiek kembali mengatakan bahwa wabah Virus Corona sungguh sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia khususnya di Sumatera Utara.

Wiwiek juga menyebutkan bahwa prospek ekonomi di tahun 2020 sekitar 5,1- 5,5% akan turun sedikit di angka 0,2%. Untuk keseluruhan ditahun 2020, Ekonomi Sumatera Utara diprakirakan tumbuh menguat dibanding 2019 yang didorong oleh peningkatan kinerja konsumsi rumah tangga, dan investasi ekspor.

Sementara kalau kita lihat dari inflasi pada tahun 2020 diperkirakan adanya meningkat dari tahun sebelumnya (2019), tetapi masih berada di dalam sasaran inflasi nasional yaitu 3±1% (yoy). "Kenaikan inflasi akan didorong oleh penyesuaian tarif yang dilakukan Pemerintah seperti BPJS Kesehatan, Cukai Rokok, Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Tarif Tol," paparnya.

Di samping itu, produksi bumbu khususnya cabai merah masih belum optimal. Menurut Wiwiek di tengah permintaan yang tinggi, bumbu-bumbu seperti cabai merah, bawang merah, merah putih masih menjadi penyumbang inflasi di Sumut.

Hal ini yang menjadi penyebab reisiko meningkatnya inflasi secara temporer, seiring karena adanya peningkatan permintaan
barang kesehatan serta bahan makanan akibat penyebaran virus Corona.

Namun Wiwiek juga optimis pertumbuhan ekonomi akan membaik. "Pertumbuhan kredit pada tahun 2020 diperkirakan akan membaik seiring dengan meredanya tekanan global dan perbaikan ekonomi domestik. Dan yang pasti sisitem pembayaran dengan menggunakan QRIS adalah pembayaran dengan sisitem digital yang simpel dan akurat. Untuk itu peren serta dari media dan masyrakat untuk hadir pada saat Louncing QRIS hari sabtu dan minggu nanti di Lapangan Merdeka," sebutnya.

(A-1Red).
Komentar Anda

Berita Terkini