Cegah Virus Corona, Dinas Kesehatan Karo Gunakan Thermometer Infrared

author photo

Published: Rianto G
Editor       : MBaktiN70

Moltoday.com, Karo - Sebagai langkah pencegahan terhadap penyebaran virus corona  Dinas Kesehatan Kabupaten Karo melakukan pemeriksaan suhu tubuh (Thermometer Infrared) bagi peserta Musrenbang RKPD tahun 2021 di aula Kantor Bupati Karo, Rabu (18/3/2020).
"Kegiatan pencegahan ini juga merupakan bagian dari Gugus tugas percepatan penanganan Corona Virus, ” kata Kadinkes Karo, drg.Irna S Meliala,M.Kes.

Pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan alat digital laser Infrared Thermometer. Selain para pegawai seluruh undangan yang menghadiri Musrenbang dilakukan pemeriksaan suhu tubuh.

Bila suhu tubuh diatas 37,6 dilarang masuk area Musrenbang, dan disarankan untuk berobat ke Puskesmas atau rumah sakit. Juga untuk meminimalisir penyebarannya katanya lagi disarankan untuk mencuci tangan dengan menggunakan anti septic Hygenic Hand Disinfection.

Selain mempersempit ruang masuk virus ini ke Karo, semua pihak harus terlibat melakukan pencegahan. Pihaknya juga akan terus menggalakkan sosialisasi dan himbauan-himbauan ke tengah masyarakat melalui puskesmas-puskesmas.  "Kondisi ini memang berat, tapi kondisi ini memaksa kita harus mengubah pola hidup. Semua pihak harus terlibat, sekolah dan instansi-instansi sudah mulai melakukan pencegahan dengan melakukan cuci tangan dan penyemprotan desinfektan," ajaknya.

 Irna juga meminta kesadaran masyarakat untuk sementara waktu ini menghindari kerumunan dan bersentuhan secara langsung. Masyarakat juga diminta untuk tidak dulu berpergian ke daerah yang sudah terpapar virus Corona.
Jika mengalami salah satu gejala mirip dengan penderita pengidap virus ini, masyarakat harus mememeriksakan diri ke puskesmas terdekat.
 "Mari kita sama-sama melakukan pengawasan. Warga yang baru pulang dari luar negeri, harus dengan kesadaran memeriksakan diri sendiri ke tim medis," ajaknya.

Thermal scanner merupakan alat yang bisa mendeteksi suhu tubuh seseorang, Saya sarankan juga  kantor atau bank yang ada di Karo agar menggunakan alat tersebut, pintanya.

"Puji Tuhan, dari beberapa titik yang dipasangi thermal scanner belum ada laporan. Jadi sampai sekarang Karo masih bebas virus corona, jangan percaya berita hoax" ujar kadis.kepada moltoday.com.
Komentar Anda

Berita Terkini