FKPD Meresmikan Bilik Penyemprotan Disinfektan Automatis Terhadap Masyarakat yang Menuju Kabupaten Pakpak Bharat

author photo

Published: MBaktiN70
Editor       : Redaksi

Salak, Moltoday.com - Dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona, Polres Pakpak Bharat bersama Pemkab. Pakpak Bharat memasang sebuah bilik disinfektan di pintu masuk menuju Kabupaten Pakpak Bharat, Selasa (31/3/2020).
Bilik disinfektan yang dipasang di jalan lintas menuju kab. Pakpak Bharat dan Prov. Aceh Subulussalam ini tepatnya di takal lae, menjadi pintu masuk masyarakat pengguna kendaraan yang berada dari luar menuju Kabupaten Pakpak Bharat ini wajib dilewati masyarakat yang pulang kampung maupun berkunjung .

Dalam prosedur pencegahan virus Corona, Polres Pakpak Bharat Berkerja sama dengan Pemkab juga, telah menerapkan SOP Pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat yang menuju Kab. Pakpak Bharat, salah satu bentuk SOP diantaranya ialah penyemprotan disinfektan kepada masyarakat dan kendaraan roda empat maupun roda dua juga di lakukan pemeriksaan suhu oleh dinas kesehatan kepada setiap masyarakat menggunakan thermal gun. Setelah suhu tubuh dipastikan normal, tidak ada gejala batuk, demam dan flu maka masyarakat  diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

Bilik disinfektan yang disediakan ini, terbuat dari kerangka Kayu berbentuk kotak dengan ukuran panjang sekitar 10 meter dengan lebar sekitar 4 meter dan tinggi 3 meter hingga dapat di lalui oleh kendaraan diatas roda 4 sekalipun. Pada dinding samping bilik ditutup plastik bening. Sedangkan bagian depan dan belakangnya, dilengkapi tirai medis sebagai akses keluar masuk. Ada petugas yang memencet tombol penyemprotan. Setiap masyarakat dan kendaraan yang masuk bilik, akan disemprotka disinfektan secara otomatis dan memastikan seluruh bagian kendaraan terkena cairan disinfektan.

Kapolres Pakpak Bharat menyampaikan, pemasangan bilik disinfektan ini bertujuan memaksimalkan pencegahan penyebaran Corona. Sementara baru ada satu bilik. Namun ke depan, rencananya akan ditambah, dan tidak menutup kemungkinan juga dipasang di Perbatasan Prov Sumatra Utara Kab. Pakpak Bharat dengan Prov. Aceh Kab. Subulussalam“Kami persiapkan bilik itu dalam waktu beberapa hari.

Menurutnya, pandemi Corona harus diwaspadai bersama. Diperlukan kerjasama yang baik semua lapisan masyarakat, instansi-instansi pemerintah maupun swasta, agar musibah Corona ini dapat segera berlalu. Sebelumnya, dari pihak Polres Pakpak Bharat, juga melalukan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas publik. “Nanti kami bersama dari TNI dan Satgas Penanggulangan Covid-19 serta jajaran lain, juga akan melakukan spraying massal lagi,” tutup Kapolres.
Komentar Anda

Berita Terkini