SYAHBANDAR

SYAHBANDAR

Kepala Syahbandar Basar Antonius Akan Bentuk Tim Tanggap Virus Corona

author photo

Belawan, MOLTODAY.COM -  Kantor Kesyahbandaran Utama (KSU) Belawan akan membentuk tim antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) melalui jalur laut pada sektor pelabuhan.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Drs. Basar Antonius didampingi General Manager PT Pelindo I (Persero) Cabang Belawan Yarham Harid dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Medan Pri Agung Adi Bawono, menjelaskan langkah-langkah antisipasi terhadap kemungkinan masuknya virus Corona (Covid-19) di Sumatera Utara melalui Pelabuhan Belawan akan disinkronkan.

"Hal ini menindaklanjuti surat edaran Dirjen Perhubungan Laut, maka Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan akan melaksanakan pembentukan tim antisipasi penyebaran virus corona,” jelas Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, Selasa (10/3/2020).

Sehingga pada kesempatan ini, lanjut Basar Antonius, Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan telah melakukan rapat terkoordinasi dengan seluruh stakeholder Pelabuhan Belawan tentang deteksi, penanganan dan pencegahan Covid-19.

Dikatakannya, pembentukan tim antisipasi penyebaran virus corona di Pelabuhan Belawan bersama para pemangku kepentingan (stakeholder) antara lain, Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, Pelindo I Cabang Belawan, PT Pelni, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Medan, Otoritas Pelabuhan Belawan, Imigrasi, TNI, Polri, Bea dan Cukai, Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, dan Insa. 

"Kita akan bentuk tim satgas bersama dalam rangka langkah-langkah apa yang akan kita lakukan di dalam satgas bersama ini," kata Basar Antonius.

Selain itu, dirinya juga memaparkan untuk pemeriksaan kapal asing terus dilakukan di lokasi yang telah ditetapkan, dimana crew kapal tidak boleh turun di pelabuhan, sebelum melalui pemeriksaan terlebih dahulu.

"Kita akan membuat media penerangan dan brosur untuk informasi kepada seluruh lapisan masyarakat," ungkap Basar Antonius.

(Ridwan)
Komentar Anda

Berita Terkini