SYAHBANDAR

SYAHBANDAR

Ornamen Simalungun Ditugu Depan HKBP Perdagangan Tidak Terurus.

author photo

Published: JAT Purba
Editor       : Redaksi

Perdagangan, Moltoday.com - Ornamen Simalungun di Tugu jalan Sisingamangaraja tepat nya didepan gereja HKBP kota Perdagangan tidak mendapat perhatian dari pihak Kelurahan dan Kecamatan Bandar.

Seperti diketahui diatas, tugu tersebut ada berdiri karena "Gotong" sebagai ornamen yang diwariskan leluhur  suku Simalungun, dan ditugu tersebut ada gorga ( tulisan ) Simalungun,namun sangat disayangkan tidak mendapat perhatian dari pemerintah kecamatan Bandar,hal ini sudah berlangsung lama,dan jika saja kita perhatikan di seputar tugu tersebut terlihat sudah berlumutan.

Seperti di ungkapkan salah satu tokoh pemuda kota perdagangan, yang enggan disebut namanya  mengatakan bahwa tugu yang berdiri dipersimpangan (perempatan) jalan, tepatnya didepan Gereja HKBP kota perdagangan sepertinya tidak mendapat perhatian serius dari pemerintah Kecamatan, apalagi jika saja kita perhatikan di atas tugu itu ada ornamen Gotong,namun tidak ada lagi.

Kita seharusnya melestarikan hasil karya ataupun warisan yang diberikan leluhur suku Simalungun.
Dikatakan kita ini tinggal dan hidup di kabupaten Simalungun seharusnya kita menghargai dan menghormati sebuah karya leluhur nenek moyang Suku simalungun ujarnya.

Salah satu tokoh adat Simalungun RL.Damanik ketika dimintai komentarnya terkait dengan ornamen tersebut, mengatakan seharusnya pemerintah kecamatan membenahinya agar terlihat indah, dan menjadi suatu peringatan bagi generasi muda agar mereka memahami dan melestarikan ornamen Simalungun ujarnya.

Camat Bandar pada waktu Samsul Pangaribuan tidak diperhatikan selama dirinya menjabat, sedangkan camat yang saat ini menjabat Amon Sitorus saat dikonfirmasi melalui pesawat selulernya,Senin ( 23/3/2020 ) terkait tugu yang diatasnya berdiri ornamen gotong, mengatakan saya tidak tahu pak, karna saya menjabat di camat di bandar tidak tahu ada Gotong diatas tugu itu,coba saya tanyakan dulu pak, ini saya lagi rapat.ujar camat menutup pembicaraannya.

Sangat disayangkan sikap para petinggi kecamatan Bandar, mereka beralasan tidak tahu keberadaan tugu yang diatasnya ada ornamen Simalungun.
Komentar Anda

Berita Terkini