Pemerintah Desa Pertumbuken Lakukan Pencegahan, Semprotkan Disinfektan!

author photo

Published: Rianto G
Editor       : MBaktiN70

Karo, Moltoday.com - Untuk mencegah masuknya virus Corona, Pemerintah Desa (Pemdes) Pertumbuken (Buntu), Kecamatan Barusjahe Kabupaten Karo, melakukan penyemprotan disinfektan, Kamis (26/3/2020)

Tak hanya fasilitas-fasilitas desa saja, pekarangan, dinding dan pagar-pagar rumah juga disemprot  menggunakan mesin pompa. Agar mendapatkan hasil maksimal, sehari sebelumnya pemerintah desa lebih dulu menyuruh warganya gotong royong membersihkan sekitar rumah masing-masing.

 Penyemprotan yang dikomandoi Kepala Desa Pertumbuken, Rudi Sembiring ini mendapat dukungan dan apresiasi dari warga. Karena selama ini warga was-was dengan ancaman virus Corona di Tanah Karo, khususnya di Desa Pertumbuken.

Dengan giat penyemprotan tersebut, warga berharap virus mematikan ini tak sampai masuk ke desa Pertumbuken. Selain menggalakkan penyemprotan, jauh hari sebelumnya, pemerintah desa juga menghimbau warga melaporkan anggota keluarga mereka yang baru pulang dari luar kota untuk diperiksa di Puskesmas setempat.

Bukan itu saja, para pemilik warung kopi dan yang lainnya juga diminta menyediakan fasilitas  tempat cuci tangan dan hand sanitizer
di depan warung warung yang ada. Dengan demikian, warga sekitar maupun pendatang diwajibkan lebih dulu mencuci tangan sebelum belanja atau ngopi.

Warga desa juga diminta menunda rencana pesta pernikahan dan sebagainya. Sementara itu saat melakukan peninjauan, Camat Barusjahe Drs Kalsium Sitepu mengaku kecewa karena masih mendapati Desa Pertumbuken masih terkesan kumuh dan jorok.

"Waduh ini bagaimana, sampah kok masih berserak di desa kita ini. Jangan menunggu virus itu masuk dulu baru dibersihkan,"kesalnya saat berbincang dengan Kepala Desa Pertumbuken Rudi Sembiring.

Kalsium juga menyayangkan masih rendahnya kesadaran warga untuk menjaga kebersihan. Karena itu, dia meminta Kepala Desa memotivasi warganya kembali bergotong-royong. "Ini sudah luar biasa, Kenapa desa kita ini tak pernah ada perubahan. Kades harus tegas dan beri contoh. Edukasi warga akan pentingnya  kebersihan," kesalnya.
Komentar Anda

Berita Terkini