SYAHBANDAR

SYAHBANDAR

RSU Kabupaten Karo Siapkan Ruang Isolasi Pasien Virus Corona

author photo

Published: Rianto G
Editor       : MBaktiN70

Moltoday, Karo - Rumah sakit umum (RSU)  Kabupaten Karo di kota Kabanjahe, bersiaga menghadapi serangan virus Corona. Rumah sakit tersebut merupakan salah satu dari 144 rumah sakit rujukan yang ditunjuk kementerian kesehatan Republik Indonesia.
"Kami sudah siapkan 3 ruang isolasi untuk merawat pasien suspect virus Corona," ujar Direktur utama RSU Karo, dr. Arjuna Wijaya sembiring, S.pP saat diwawancara moltoday.com di ruang kerjanya Senin (3/3/2020).

Ruangan tersebut terletak di bagian belakang rumah sakit. Hal itu untuk menghindari kemungkinan penularan penyakit kepada pasien maupun orang-orang di sekitar rumah sakit, hal ini akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan.

Di dalam ruang isolasi itu terdapat tiga tempat tidur terpisah. Mengenai tim  yang bertugas menangani pasien di ruang isolasi, pelan pelan akan kita siapkan,tim akan siaga untuk melaksanakan tugasnya sesuai SOP," terang Arjuna.

Menurut Arjuna  sudah berkordinasi dengan seluruh puskesmas yang ada di Karo, juga mengimbau agar masyarakat untuk sedini mungkin mengenali gejala-gejala serangan virus Corona seperti demam tinggi dari 35 hingga naik 37, batuk, dan sesak napas, flu, Apalagi jika mereka baru pulang dari luar negeri.

Ruang isolasi dan laboratorium sudah kita siapkan untuk warga yang terindikasi. Peralatan dan SOP penanganan pasien, seperti sepatu boots, mantel dan masker juga sudah ada," tambah Humas RSU Kabanjahe, Tati Anggraini.  Sebagai bentuk antisipasi dan kesiagaan, pihak rumah sakit juga melengkapi petugas medis, khususnya di Instalasi Gawat Darurat (IGD) dengan masker.


Arjuna menyatakan jika hasil rontgen ternyata menunjukkan ada tanda dan belum sumbuh, maka kemungkinan pasien akan dirujuk ke RS Adam malik Medan.
Komentar Anda

Berita Terkini