Alat Tes PCR Swab Virus Corona Sudah Digunakan di Provinsi Sumut

author photo


Published: Gugun Mrp
Editor       :MBaktiN70

Medan, Moltoday.com ‐ Polymerase Chain Reaction (PCR) alat pemeriksaan swab virus corona (Covid-19) ini sudah direalisasikan di Provinsi Sumatera Utara. Kedua alat laboratorium PCR itu sudah dioperasikan dan saat ini berada di Rumah Sakit Universitas Sumatera (RS USU) Jalan Dr Mansyur Medan dan Rumah Sakit Umum Pusat Haji (RSUPH) Adam Malik Jalan Bunga Lau Medan.
"Pengoperasian dua laboratorium ini akan mempercepat pengujian spesimen terkait Covid-19, sehingga dapat mendorong percepatan penanganan Covid-19 di Sumut," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Aris Yudhariansyah, (18/4/2020).

Yudha menjelaskan dari data pasien positif terpapar Virus Corona (Covid-19) di Sumut hingga 18 April 2020 pukul 17.00 WIB, sebanyak 103 orang, masing-masing 79 hasil tes PCR dan 24 orang dari rapid test.

Selain itu untuk data pasien positif Virus Corona (Covid-19) yang meninggal sebanyak 10 orang dan 12 orang positif Covid-19 dinyatakan sembuh, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 146 orang.

"Kami tetap ingatkan masyarakat untuk selalu menghindari kontak langsung dengan orang lain. Hindari tempat-tempat yang diyakini akan menjadi penuh sesak dan hindari tempat-tempat yang bertumpuk," ujarnya.

Selanjutnya Yudha menginformasikan saat ini terjadi musim pancaroba di bulan April- Mei secara statistik menunjukkan peningkatan kasus demam berdarah. Karena itu, jangan sampai kondisi ini memperburuk pandemi Virus Corona (Covid-19).
"Dan tetap waspada ancaman DBD pada bulan ini," ucap Yudha.
Komentar Anda

Berita Terkini