FKPD, Fokuskan Anggaran Dalam Penangan Covid - 19 di Kabupaten Pakpak Bharat

author photo

Published: MBaktiN70
Editor       : Redaksi

Salak, Moltoday.com - Terkait surat edaran (SE) Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, No 8 Tahun 2020 tentang penggunaan dana desa untuk kegiatan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19, Pj Bupati Pakpak Bharat, Dr.H Asren Nasution bersama Dandim 0206//D dan Kapolres Pakpak Bharat melaksanakan rapat bersama para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Pakpak Bharat, pada Rabu (01/04), di posko utama gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, kompleks pendopo Bupati Pakpak Bharat.
Surat edaran (SE) Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, No 8 Tahun 2020 tersebut menginstruksikan pergeseran APBD belanja bidang fisik menjadi bidang penanggulangan bencana Covid-19 dan pembentukan relawan desa lawan COVID-19.

Relawan desa lawan COVID-19, nantinya akan bertugas untuk melakukan edukasi melalui sosialisasi yang tepat dengan menjelaskan perihal informasi terkait dengan COVID- 19, baik gejala, cara penularan, maupun langkah-langkah pencegahannya. Pemantauan perkembangan orang dalam pantauan (ODP) melarang kegiatan warga yang melibatkan orang banyak, melakukan penyemprotan disinfektan dan menyediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) di tempat umum seperti balai desa dan tugas-tugas lainnya

Untuk itu seluruh pemerintah desa di Kabupaten Pakpak Bharat, diminta untuk segera membuat pergeseran APBDes dalam rangka desa tanggap Covid-19 sesuai kebutuhan desa, membentuk relawan desa lawan COVID-19 dan pembuatan fasilitas cuci tangan di pintu masuk desa masing-masing, serta mengambil langkah-langkah lainnya yang terkait dengan pencegahan penyebaran Covid-19, dengan menjadikan surat edaran (SE) menteri desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi, No 8 Tahun 2020 sebagai acuan.

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Pakpak Bharat, Dr.H. Asren Nasution,M.A, mengatakan, bahwa para Camat dan para Kepala Desa merupakan garda terdepan dalam pencegahan penyebaran Covid-19,sebab para kepala Desalah yang langsung bersentuhan setiap hari dengan masyarakat. Untuk itu Pj Bupati meminta agar para camat dan kepala desa segera melaksanakan langkah-langkah tersebut, sebab paling lambat pada minggu ke dua di bulan April ini,dana desa sudah bergulir.

Sementara itu, Kapolres Pakpak Bharat,Akbp Alamsyah P Hasibuan SIK, meinta masyarakat jangan takut namun tetap waspada dan sama sama action untuk mencegah covid -19. Kapolres juga menghimbau para kepala desa agar mengawasi orang yang masuk ke desa masing-masing dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak mengadakan keramaian seperti yang tercantum pada Maklumat Kapolri.

Dandim 0206/Dairi, Letkol Hadi Purwanto, menyampaikan bahwa, terkait perkembangan grafik Covid-19 hingga saat ini belum turun namun meningkat terus dan belum tau pasti kapan akan berakhir. Untuk itu segenap unsur harus segera mengambil langkah-langkah walaupun di Kabupaten Pakpak Bharat belum ada terindikasi positif Covid-19. sebab apa bila nantinya terjadi sesuatu yang terburuk maka pemerintah sudah siap melindungi warga.

“Jika ingin meningkatkan ketahanan bangsa maka dimulai dari ketahanan desa, sebab jika ketahanan desa sudah kuat maka negara ini tidak akan goyah”katanya.
Komentar Anda

Berita Terkini