Satu Orang PDP di Asahan Meninggal Dunia dan Dikebumikan Sesuai Standar Covid19

author photo
Jubir Gugus Tugas Asahan, Rahmat Hidayat
Medan, Moltoday.com -- Dikabarkan, satu orang warga Asahan dengan status PDP meninggal pada Jumat (17/4) sekira 00.40 WIB

Hal tersebut dibernarkan, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kab. Asahan Rahmat Hidayat Siregar dalam siaran persnya, Jumat (17/4/2020) siang.

" Satu orang warga Asahan dengan status PDP berinisial RD (49), warga Lk.II, Kel. Sidomukti Kec. Kota Kisaran Barat meninggal dunia sekira pukul 00.40 WIB    

Rahmat menjelaskan, berdasarkan keterangan dari dr. Nini (Spesialis paru), bahwa dari hasil pemeriksaan sementara Almarhum menderita penyakit SEPSIS atau keracunan bakteri dalam tubuh, setelah sebelumnya mengeluhkan sesak nafas disertai batuk. “walau demikian, karena tidak mau ambil resiko terburuk, jenazah dimakamkan sesuai dengan standar penanganan Covid-19”, ujar Rahmat.

Sebelumnya diketahui bahwa pada, Kamis (16/04/2020), Almarhum RD sempat berobat ke Puskesmas Sidodadi, Kisaran karena menderita demam, batuk, dan sesak nafas. Selanjutnya saat dilakukan rapid tes di Puskesmas Sidodadi, pasien tersebut hasilnya negatif. Namun, kata Rahmat, saat dalam perjalanan kembali menuju rumah, kondisi kesehatannya menurun, sehingga pasien tersebut istirahat di warung di pinggir Jalinsum Sidomukti. “saat ditemukan warga, pasien tersebut terlihat semakin lemah sehingga warga berinisiatif melaporkan hal tersebut ke Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Asahan, dan oleh petugas dibawa ke RSUD HAMS untuk pemeriksaan lanjutan”,  jelas Hidayat.

Terkait pemakaman dengan standar penanganan Covid-19, Hidayat sampaikan hal tersebut juga telah mendapat persetujuan dari pihak keluarga Almarhum."almarhum dikebumikan sesuai dengan standar Covid-19, di pemakaman umum Kel.  Sidomukti  Kec. Kota Kisaran Barat dan sudah mendapat persetujuan dari pihak keluarga ," jelas Hidayat.

Mengakhiri siaran persnya, Hidayat sampaikan Tim GTPP Covid-19 Kab. Asahan akan terus berupaya melakukan pencegahan, dan berharap masyarakat bisa bekerja sama dengan Pemerintah dengan mengikuti anjuran, dan melaporkan bila ada pendatang dari luar kota. Sehingga bisa menekan penyebaran Covid-19, di Kabupaten Asahan.

(Nurhidayat)
Komentar Anda

Berita Terkini