Sugeng Suheri Sukses Memimpin Desa Juga Mumpuni Dalam Bercocok Tanam.

author photo

Sunggal,Moltoday.com -Sukses memimpin Desa Sei Mencirim, ternyata Sugeng Suheri juga piawai menjadi seorang petani. Bagamana tidak, lahan yang luasnya 2500 meter persegi dibelakang rumahnya, disulap menjadi perkebunan cabai yang saat ini sedang memasuki masa panen.

Ide menanam cabai ini berawal dari ingin coba-coba saja. Sebab, banyak waktu luang yang terbuang sia-sia tanpa menghasilkan. "Dari situlah saya berpikir untuk mengolah lahan yang dibelakang rumah untuk mendapatkan penghasilan tambahan," ucap Sungeng kepada wartawan Moltoday, Rabu (8/4/2020).

Biasanya, sambung Sugeng, waktu penyemaian bibit, mamupuk serta merawat tanaman cabai ini di pagi hari, sebelum berangkat kerja dan sore hari setelah pulang bekerja. "Jam 10 malam atau selesai sholat subuh saya bersama anak-anak langsung keladang untuk memberi penyemprotan anti hama, agar buah cabai yang panen nantinya banyak dan pohonya tahan hingga usia tujuh bulan, dan panen cabainya setiap dua hari sekali" jelasnya

Sugeng juga mengatakan, apa yang saat ini diperbuatnya semata mata hanya untuk mengajari masyarakat Desa Sei Mencirim. Apabila mereka mempunyai lahan milik sendiri yang masih kosong di sekitar rumah mereka, untuk segera mengolahnya menjadi kebun kecil yang nantinya bisa menambah pemasukkan.

"Apalag dalan kondisi wabah Corona saat ini yang mengahuruskan kita menguranngi aktifitas diluar rumah. Akan tetapi, apabila kita sudah memanfaatkan lahan yang ada untuk bercocok tanam, mungkin menghadapi kondisi sekarang tidak terlalu pusing. Untuk itu mari semua wafga Sei Mencirim untuk mencoba apa yang sudah saya perbuat," ajak Sugeng.

Ditemui pada waktu yang sama, Panji Ramadhan salah seorang anak Sugeng yang mambantu panen cabai mengaku tidak malu atas pekerjaan sampingan orang tuanya saat ini sebagi petani. "Buat apa saya malu membantu orang tua untuk memanen cabai, toh dengan hasil bertani saya bisa kuliah hingga semester 6 di Universitas Panca Budi.," terangnya.

(A-1Red).
Komentar Anda

Berita Terkini