Ratusan Nelayan Terima Bantuan Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut

author photo
Kadis Kelautan dan Perikanan Sumut, Mulyadi serahkan sembako.

Belawan, MOLTODAY.COM - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumatera Utara (Sumut) menyalurkan bantuan langsung untuk meringankan beban masyarakat nelayan yang terkena dampak ekonomi imbas pandemi Covid-19 di Kecamatan Medan Belawan.

Kepala Dinas (Kadis) Kelautan dan Perikanan Sumut Mulyadi Simatupang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Tangkap Muliyani Siregar, beberapa Kepala Seksi, Lendriana Naibaho, Togas Siregar dan staf DKP Sumut, Mulyadi menyampaikan bahwa pihaknya bekerjasama dengan HNSI Sumatera Utara terus berupaya meringankan beban para nelayan terdampak Covid-19.

"Hasil kolaborasi, kami mengajak kerjasama para pengusaha perikanan untuk menyumbangkan sembako kepada nelayan yang terdampak Covid-19," ujarnya kepada Delinewstv.com, Kamis (21/5/2020) sekira pukul 11.30 Wib. 

Mulyadi menerangkan, dari hasil pengumpulan donasi tersebut, DKP Sumut berhasil mengumpulkan 300 paket sembako yang secara langsung disalurkan kepada para nelayan.

"DKP Sumut berhasil mengumpulkan 200 paket sembako dan ditambah 100 paket sembako dari HNSI Sumatera Utara," kata Mulyadi.

Dirinya menjelaskan kegiatan ini juga dilaksanakan berdasarkan arahan dari Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19.

"Kita membantu mengurangi beban masyarakat ini bukan hanya dana dari APBD saja, banyak yang harus dirangkul dari pelaku-pelaku perusahaan perikanan," tutur Mulyadi sembari mengatakan di luar APBD pihaknya juga turun untuk menyerap aspirasi dan berupaya membantu para nelayan.

Lebih lanjut, Kabid Perikanan Tangkap DKP Sumut, Muliyani Siregar berharap kedepannya masyarakat nelayan bisa terbantu dengan adanya upaya dari pemerintah.

"Kami berharap bantuan yang diberikan bisa bermanfaat bagi para masyarakat nelayan yang terdampak Covid-19," kata Muliyani.

Selain DKP Sumut, dalam kegiatan aksi peduli tersebut tampak Ketua HNSI Sumatera Utara Zulfahri Siagian bersama Sekretaris Ali Mukti Siregar dan jajaran anggota.

Aksi ini merupakan rangkaian kegiatan kepedulian terhadap nelayan yang diselenggarakan oleh DKP Sumut bekerjasama dengan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumatera Utara.

(Rid)
Komentar Anda

Berita Terkini