Warga Tak Mampu Kelurahan Kerasaan I Protes, Tidak Dapat Bantuan Bansos Tunai 2020

author photo

Published: JAT Purba
Editor       : MBaktiN70

Simalungun, Moltoday.com - Bantuan Sosial Tunai (BST) 2020 dari Kementrian Sosial bagi masyarakat yang terdampak covid -19 untuk Kelurahan Kerasaan I Kecamatan Pematang Bandar, Kabupaten Simalungun telah ditransfer melalui kantor Pos, namun melalui kebijakan maka pihak kantor Pos turun ke Kantor Kelurahan Kerasaan I mencairkan bagi warga yang berhak menerima bantuan sosial tersebut.

Pantauan awak Media Selasa ( 19/05/2020 ) sekitar jam 09.00 Wib terlihat ratusan warga masyarakat sudah berkumpul di halaman kantor menunggu panggilan pihak kantor Pos untuk menerima BST sebesar Rp 600.000,.( Enam ratus ribu rupiah )
ditengah tengah ratusan warga ada beberapa warga yang kecewa berat khususnya yang terdampak langsung covid 19, seperti yang diungkapkan Herlina Siregar (47) yang sehari harinya berkerja mencari lidi dari pelepah kelapa sawit sama sekali tidak ada menerima bantuan dampak covid 19 dari pemerintah,ujarnya.

Masih menurut Herlina suaminya sudah menganggur sebagai supir angkot karna tidak ada penumpang, jadi "Bagaimana nasib kami Pak" katanya kepada Media ini.

Sama halnya dengan Yuningsih Samosir (40) yang sehari harinya jualan goreng di tempat pesta, namun saat Corona ini pak sudah tidak ada lagi pesta, sesuai dengan peraturan pemerintah tidak diperbolehkan ada kerumunan masa, jadi tidak jualan lagi lah kami,
dan kecewa lihat Aparat Kelurahan nama kami tidak ada keluar, sedangkan warga mampu, mereka mendapat bantuan," ini tidak adil pak, kami kecewa,gimana anak anak kami, mata pencaharianpun sudah gak ada, tolong kami pak" tutur Herlina,yang diaminkan Naimah Saragih (50) dan  Rani Sibarani ( 45) warga perumnas.

Dikatakan Naimah Saragih " ada rentenir atau yang membungakan uang dapat dapat bantuan " ada apa ini semua, selanjutnya mereka menemui Lurah guna menyampaikan keluhannya.

Ditempat terpisah Awak Media ini menemui Lurah Kerasaan I Dewisral Saragih guna konfirmasi terkait BST 2020, dikatakan Lurah bahwa warga yang terdampak Covid 19 ada 419 orang menerima bantuan sebesar Rp 600 ribu dari Kemensos, ketika ditanya ada warga tak mampu akibat terdampak Covid 19 protes pasalnya mereka tidak mendapat bantuan itu,

Dimata Lurah D.Saragih bahwa kami mengusulkan warga yang terdampak Covid 19 sebanyak 911 orang dengan syarat foto copy KTP dan KK, tapi nyatanya hanya 419 yang mendapat pak,ujar Lurah.
Ketika disinggung ada warga yang mampu menerima bantuan, dirinya terdiam dan sulit untuk menjawabnya.
Ditempat terpisah Ketua LSM Lungkar Rumah Rakyat ( LRR ) Zoel Sinaga saat dimintai komentarnya terkait kejadian dalam pencairan Bantua Sosial Tunai di Kelurahan Kerasaan I, mengatakan jika saja benar merekalah terdampak langsung covid 19 ya harusnya diperhatikan lah jangan yang tidak terdampak justru menerima, untuk itu pihak Kelurahan benar benar selektif dalam menentukan warga yang berhak mendapatkan bantuan. jelasnya.(Jat)
Komentar Anda

Berita Terkini