Kondisi Dinding Jaringan Irigasi Javacolonisasi di Purbaganda Memprihatinkan

author photo

Reporter: JAT Purba
Editor     : MBaktiN70

P. Bandar, Moltoday.com - Pertanian tanaman pangan di Kecamatan Pematang Bandar semakin memprihatinkan,hal ini ditandai dengan kerusakan saluran irigasi baik itu tersier dan jaringan sekunder.
Kondisi ini jika dibiarkan berlarut larut tidak diperbaiki,tentunya akan merugikan petani tanaman padi.

Seperti jaringan  di Daerah Irigasi ( DI ) Javacolonisasi di Nagori Purbaganda Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun yang kondisinya memprihatinkan dimana dinding kanan dan kiri sudah banyak yang jebol.

Seperti diketahui bahwa di Javakolonis ini mengairi 3000 ha persawahan di hamparan persawahan Nagori Purbaganda,Nagori Kandangan,Nagori Wonorejo,Nagori Talun Madear, Nagori Purwosari dan Nagori Bandar Manis.
Oleh karnanya butuh perhatian  dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Pemerintah pusat saat ini mencanangkan ketahanan pangan namun apa yang dapat dihasilkan jika saja kondisi irigasinya buruk.
Amatan Awak Media ini dilapangan ( 2/6/2020) terlihat didinding kanan,kiri saluran ada yang jebol, diperkirakan 10 - 15 titik kerusakan dari bendung sampai ke bawah daerah Titi Besi Nagori Kandangan.

Belum ada tanda tanda tahun ini di perbaiki, namun petani mengatasinya dengan menimbun yang jebol.
Petani yang sawahnya jebol marga Siagian, saat ditanya mengatakan " kami harus menimbunnya agar longsor tidak melebar,dan kami bisa bertanam padi pak," ujarnya. Dikatakan Siagian jika saja tidak segera diperbaiki maka dikawatirkan lonsong melebar.

Ditempat terpisah cabang PSDA Bah Bolon J. Manurung ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut diatas, melalui selulernya, mengatakan bahwa kerusakan jaringan irigasi itu sudah dilapor ke PSDA Sumatera Utara, dan Manurung berharap tahun depan harus ditehab total, menurutnya kerusakan itu sudah mencapai 50 persen,lagi pula tidak ada lantainya.untuk itu warga tani agar bersabar sampai pada tahun depan ,dan segera diperbaiki ,katanya.
Komentar Anda

Berita Terkini