Miris Bangku Dan Meja SD Inpres Talun Madear Kondisinya Rusak

author photo


Reporter: JAT Purba
Editor      : MBaktiN70

Simalungun, Moltoday.com - Sudah tidak jamannya lagi kondisi bangku dan meja belajar anak Sekolah Dasar rusak, sebab kita tahu bahwa sudah digulirkan dana Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ) oleh pemerintah pusat.Penyaluran dana BOS bertujuan untuk mensejahterakan para peserta didik saat mereka belajar disekolah.
Kita ketahui salah satu pos penggunaan dana tersebut adalah untuk  rehab ringan guna memperbaiki fasilitas bagi peserta didik di sekolah tersebut.
Tetapi nyatanya tidak demikian seperti yang terjadi di SD Inpres Talun Madear.

Kondisi bangkunya dalam keadaan rusak,sebagian bangku tidak ada daunnya,atau tempat sandaran badan,sedangkan mejanya terlihat rusak dan pecah apalagi bahannya terbuat dari triplek.bisa saja mengganggu peserta didik dalam mengikuti pelajaran.

Sejumlah elemen masyarakat dan pemerhati pendidikan
menduga dalam membuat rencana anggaran perbelanjaan biaya sekolah dana BOS tidak tepat sasaran,oleh oknum kepala sekolah.Hal ini bisa saja terjadi karna penggunaan dana itu tidak melibatkan komite sekolah ataupun orang tua siswa dan dewan guru sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada peraturan Kemdikbud.

Penggunaan dana yang hanya dikelola sendiri terbukti tidak adanya papan informasi di sekolah negeri pada umumnya.ini bisa saja  memberikan celah bagi pejabat pengguna anggaran diduga sesuka hatinya.

Seperti ini keadaan sekolah dituntut kepada dinas pendidikan agar memberikan pengawasan yang ketat dalam membelanjakan bagi kebutuhan sekolah,sehingga penggunaan dana BOS dapat bermanfaat untuk kemajuan putra putri bangsa dalam menimba ilmu pengetahuan.
Komentar Anda

Berita Terkini