Program Bedah Rumah di Desa Lalang Dikerjakan Secara Gotong Royong.

author photo

Sunggal, Moltoday. com - Program bantuan bedah rumah yang diberikan Dinas Perkim Kabupaten Deli Serdang tahun 2020, kepada rumah pasangan Zulpan Andri Pranata dan Insani Br Harahap penduduk Jl. stasiun No.53 Desa Lalang Kabupaten Deli Serdang, dikerjakan secara gotong royong oleh Kepala Desa Lalang Indrayani Nasution SH bersama staf desa dan masyarakat lainnya,  Minggu (2/8/2020).

Menurut Iyan, sapaan akrab Kepala Desa, bantuan bedah rumah ini hanya berupa bahan bangunan, seperti Seng 40 lembar, Semen 26 sak, Pasir 3 Kubik, Kusen Pintu, Kusen Jendela, Batu Bata 5000 biji, Daun Jendela, Daun Pintu, Kayu Broti, Kunci Tanam dan Rabung Seng. "Sedangkan kekurangan bahan lainnya, seperti Besi, Krikil dan bahan lainnya didapat dari bantuan swadaya teman dekat dan jiran tetangga," kata Indrayani kepada Moltoday.

Sedangkan sistem pengerjaanya, lanjut Indrayani, dikerjakan setiap hari minggu secara bergotong royong oleh jiran tetangga. "Kami yang ikut bekerja sekitar 10-15 orang tidak menerima upah, hanya tuan rumahlah yang menyediakan sarapan pagi, minuman kopi/teh dan makan siang. Ini dilakukan untuk memupuk tali persaudaraan diantara masyarakat dan jiran tetangga, agar kekompakan masyarakat dalam suka maupun duka tetap terjaga dengan baik," jelasnya.

Sementara itu Zulpan dan Insani merasa bersyukur atas terpilihnya kediaman mereka dalam program bedah rumah yang diberikan pemerintah Kabupaten Deli Serdang tahun ini. "Sebenarnya sudah lama ingin kami merenovasi ramah ini, namun niat itu tidak kesampaian kerena ketiadaan biaya. Tanpa diduga, Kepala Desa Lalang menghubungi Kasi Kesos Kecamatan Sunggal Candra Yudistira untuk merekomendasikan program bedah rumah kepada pemerintah Kabupaten buat rumah kami ini," terang Zulpan.

Untuk itu, lanjut Zulpan, dari lubuk hati yang paling dalam saya mengucapkan terakasih banyak kepada Bupati Deli Serdang Ashar i Tambunan, Camat Sunggal Ismail S.STP, MSP, Kepala Desa Lalang Indrayani Nasution SH, Kasi Kesos Kecamatan Sunggal Candra Yudistira dan seluruh jiran tetangga serta teman-teman yang sudah mau bergotong royong.
"Tanpa bantuan mereka semua, tidak mungkin pembangunan rumah kami bisa terlaksana," ungkapnya.

Hasil pantauan Moltoday, saat ini pembangunan program bedah rumah tersebut sedang dalam pengerjaan dan berjalan dengan lancar.

(A-1Red).

Komentar Anda

Berita Terkini