Wiwiek Sisto Widayat : Perekonomian Sumut di Triwulan 3 Tumbuh Lebih Baik Dari Pertumbuhan Ekonomi Nasional.

author photo

Medan, Moltoday.com - Perekonomian Provinsi sumatera Utara diperkirakan mulai membaik pada triwulan 3, karena aktivitas bisnis meningkat di era kebiasaan baru (New Normal), terkonfirmasi oleh perkiraan kegiatan ke depan yang naik.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Sumut Bank Indonesia (BI), Wiwiek Sisto Widayat, dalam triwulan 3 daya beli masyarakat diprediksi mulai meningkat seiring dengan kembali beroperasinya sektor-sektor terdampak serta gencarnya bantuan sosial dari Pemerintah.

"Permintaan eksternal untuk komoditas-komoditas unggulan diperkirakan kembali menggeliat didorong oleh perbaikan ekonomi dunia tercermin dari kenaikan harga di pasar internasional," katanya saat bincang bareng media via zoom, Selasa (11/8/2020).

Wiwiek juga menjelaskan, kendati demikian perbaikan tersebut diperkirakan masih belum optimal, terlihat dari beberapa pergerakan indikator yang belum pulih dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Permintaan domestik dan eksternal diperkirakan mulai picking up, seperti misalnya sebagian TK telah kembali bekerja seiring dengan pelonggaran pembatasan sosial, kemudian pencairan gaji ke-13 di bulan Agustus 2020,” ujarnya.

Begitu juga realisasi DAK Fisik dan dana desa yang masih on track, rencana realisasi dana penanganan bencana Covid 19 untuk kesehatan, jaring pengaman sosial dan pemulihan ekonomi.

Selain itu, sambung Wiwiek, realisasi investasi untuk maintenancerutin dan replanting masih berjalan on track, kemudian berlanjutnya pembangunan infrastruktur strategis pemerintah dan proyek kelistrikan multiyears.

Juga adanya peningkatan permintaan eksternal pasca penundaan akibat lockdown di beberapa negara mitra dagang. Pasokan bahan baku komoditas ekstraktif yang melimpah turut mendukung perbaikan kinerja export. Terakhir, peningkatan impor barang baku dan barang modal seiring dengan perbaikan permintaan export dan domestik. 


(A-1Red)
Komentar Anda

Berita Terkini