Banjir ROB Resahkan Warga, ABB Akan Menyurati Seluruh Perusahaan di Belawan

author photo


MOLTODAY │Belawan – Banjir yang diakibatkan oleh air laut yang pasang atau lazimnya disebut banjir Rob yang menggenangi daratan semakin meresahkan warga masyarakat Kota Belawan Sumatera Utara. Umumnya kejadian akan semakin parah bila terjadinya penurunan muka tanah, sedang muka air laut meninggi yang dipengaruhi pemanasan suhu bumi, akibat tidak terkendalinya penyedotan air tanah.

 

Menanggapi permasalah tersebut, Komunitas Anak Belawan Bersatu (ABB) telah menyurati Pelindo I Belawan, Syahbandar dan otoritas. Tidak sampai disitu, ABB juga akan menyurati seluruh perusahaan dan instansi yang ada di Kota Belawan dalam nomor surat :030/E/ABB/X/2020.

 

Disambangi awak crew Delinews Network, ABB meminta kepada seluruh perusahaan tanggap dan peduli kondisi Belawan.

 

“Miris kami melihatnya bang, terkait banjir rob yang kerap menggenangi Kota Belawan, kami meminta kepedulian seluruh perusahaan dan instansi agar membuat sumur resapan, membuat pintu air, membuat kolam-kolam kecil, menanam pohon mangrove dan pohon bakau, serta memberikan bantuan bagi warga masyarakat yang terkena musibah, “Dedy Satria Ainal selaku ketua umum ABB didampingi sekretaris Adli Azhari dan beberapa pengurus lainnya di Sekretariat ABB Jalan Veteran No.11D Belawan, Rabu (21/10/2020) sore.

 

Dedy juga menyebutkan, musibah ini adalah tanggung jawab kita semua. Jadi kita minta kepada semua pihak untuk dapat berfikir dan bertindak cepat dalam mengatasi masalah ini, jangan diam saja, Terutama bagi perusahaan karena sudah merupakan kewajiban mereka untuk memperhatikan keadaan lingkungan sekitar. Hal ini sesuai dengan UU No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan terbatas dan PP No. 47 Tahun 2012 Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas.

 

Sementara waktu yang sama, Sekjend ABB, Adli Azhari menyampaikan bahwasanya ABB sangat perihatin dengan kondisi masyarakat Belawan Saat ini, kerugian yang sangat besar dialami oleh Warga, banyak barang - barang yang rusak akibat banjir Rob ini. Oleh karena itu ABB tidak pernah tebang pilih dalam menyikapi ini, kita akan pantau secara lebih mendalam mana perusahaan yang peduli dan mana perusahaan yang tidak peduli dengan kondisi ini.

 

Seperti diketahui sebelumnya, dalam beberapa hari ini rumah warga Belawan hampir semua terkena banjir rob, salah seorang warga yang tidak tidak mau disebutkan namanya mengungkapkan, “biasanya Pasang Perdani ini terjadi setahun sekali. Tapi semenjak 2 tahun terakhir ini, 2 kali dalam sebulan rumah kami tergenang, jadi tolonglah bantu kami, atasi banjir ini. Mau pindah kemana kami, makan aja udah susah, apalagi kalau kami pindah, kemana kami cari uangnya, “ujarnya sambil menangis.(Red)
Komentar Anda

Berita Terkini