IPKIN Sumut Pastikan Video Bagi Duit Itu Hoax

author photo


Medan, Moltoday. Com - Viralnya video yang disebar melalui Facebook dan WhatsApp pada masa tenang Pilkada menuai sorotan dan kecaman dari Ikatan Profesi Komputer dan Informatika Indonesia (IPKIN) Sumatera Utara.


Video berdurasi 1 menit, dengan konten penangkapan pria yang melakukan money politik, dipastikan Hoax dan bisa menyesatkan masyarakat.


"Kita pastikan itu hoax. Aksi terkutuk itu dilakukan pelaku untuk menyudutkan paslon Bobby Nasution - Aulia Rachan, dengan indikasi dapat memecah-belah masyarakat terwujudkan" kata Ketua IPKIN Cabang Sumut Dr.Syahril Efendi, S.Si, M.IT didampingi,Sekretaris Fauzan Nur Ahmadi,S.Kom,M.Cs pada wartawan, (8/12/2020).


Dijelaskan Syahril Efendi, selain disebarkan melalaui aplikasi media sosial whatsapp, juga disebarkan ke media sosial facebook.


"Hasil investigas telematika kami, video sudah menyebar cepat dengan tujuan menyudukan paslon Bobby Nasution-Aulia Rachman. Salah seorang penyebar hoax dalam Grup Facebook "Ini Medan Bung" bernama Adek Novri" pada Minggu siang (6/12/2020)," jelasnya.


Oleh karena itu, Syahril Efendi menghimbau agar masyarakat jangan mudah terprovokasi, dengan video yang sengaja di viralkan untuk mencemarkan nama baik paslon No. 2.


Para pelaku berharap, disaat upaya memecah belah masyarakat sedang gencar dilakukan, mengurangi simpatik masyarakat melalaui video tersebut juga sengaja dilakukan.


"Yang mendownload serta menyebarkan via whatsapp sudah banyak. Jadi kita harapkan, himbaun ini sampai kepada seluruh masyarakat di Medan, agar video hoax tersebut tidak disebar luaskan kembali. Jika sudah masyarkat menjadi pemutus barita hoax, Insya Allah keberkahaan menghampiri hidup kita" tegasnya.


Hal senada juga diucapkan Sekretaris IPKIN Sumut Fauzan, yang mana ia juga mengingatkan masyarakat, agar memilih paslon sesuai hati nurani masing-masing. 


"Kota Medan miniaturnya Indonesia. Perbedaan sudah bertumbuh harmonis sejak lama. Jangan sampai, perpecahan umat dan masyarakat kita biarkan terjadi"Ujar Fauzan.


Tak hanya itu, Fauzan juga mengajak masyarakat Kota Medan agar tidak menyia-nyiakan hak pilih, dengan ramai-ramai datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Rabu besok, 9 Desember 2020, meskipun masih di masa pandemi covid -19.


"Patuhi protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker rajin cuci tangan. Dengan demikian, Kota Medan pulih dan keberkahaan menghampiri warganya," harapnya. 


(A-1Red) 

Komentar Anda

Berita Terkini