Perry Warjiyo Optimis Ekonomi Indonesi Pulih Seperti Semula

author photo


Medan, Moltoday. Com - Virus Covid-19 merupakan akar permasalahan dari terpuruknya perekonomian dunia, termasuk di Indonesia. Meski begitu, Bank Indonesia (BI) percaya ekonomi Indonesia sedang berproses untuk pemulihan secara perlahan.

Hal ini dikatakan oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo. Dirinya menilai, berbagai indikator ekonomi yang berkembang semakin terlihat, bahwa ekonomi RI mulai bangkit. Dia juga percaya masa paling sulit dalam pandemi ini sudah terlewati.

"Alhamdulillah, setelah 9 bulan berjuang keras melawan pandemi COVID-19, masa kritis ekonomi kita sudah berlalu," katanya dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (BI) 2020, Kamis (3/12/2020) di Jakarta.

Menurut Perry, stabilitas ekonomi saat ini terjaga dan proses pemulihan ekonomi sedang berlangsung. "Prediksinya, tahun depan ekonomi global tumbuh sekitar 5%. Meskipun di akhir tahun ini diperkirakan ekonomi global terkoreksi 3,8%," ucapnya

Besarnya stimulus fiskal juga diharapkan berdampak positif untuk mendorong perbaikan ekonomi sejak triwulan III-2020 dan diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi ke depan.

Di bidang moneter, menurut Perry kepanikan pasar keuangan global pada akhir Maret dan April 2020 berdampak pada keluarnya investasi portofolio asing, dalam jumlah besar dan tekanan pelemahan nilai tukar Rupiah yang sangat tinggi.

Namun dengan komitmen kebijakan stabilisasi yang kuat dari BI, nilai tukar Rupiah menguat signifikan. sejak akhir Maret 2020 sehingga mendukung pemulihan ekonomi nasional.

(A-1Red) 

Komentar Anda

Berita Terkini