BI Kampanyekan BKDT Yang Mengusung Dua Strategi

author photo


Medan - moltoday.com : Untuk mendukung kampanye Beli Kreatif Danau Toba (BKDT), yang telah diluncurkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (20/2/2021) kemarin, Bank Indonesia (BI) sudah menyiapkan dua strategi.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Soekowardoyo mengatakan, bahwa dua strategi itu yakni, pengembangan Usaha Mikro Kecil Kecil dan Menengah (UMKM) serta Ekonomi Syariah. Dan digitalisasi sistem pembayaran melalui QR Code Indonesian Standart (QRIS), di 8 kabupaten yang ada di Kawasan Danau Toba.

Dukungan itu dilakukan, baik pada saat Pre Launching, Grand Launching, maupun Post Launching. Partisipasi BI Sumut pada saat Pre Launching telah dilakukan sejak tanggal 1-19 Februari 2021. Diantaranya, melalui fasilitiasi 35 UMKM binaan untuk mengikuti proses kurasi produk oleh Tim Kurator idEA yang selanjutnya akan di ikut sertakan dalam rangkaian kegiatan GBBI BKDT 2021.

"Kemudian partisipasi pada BKDT Fair di Mall Sumarecon, Serpong, pada tanggal 11-21 Februari 2021. Penyelenggaraan berbagai kegiatan pelatihan digital marketing dan pendampingan UMKM bekerja sama dengan marketplace dan (4) melaksanakan roadshow ‘UMKM Siap Digital’ bersama Top Brand Gernas BBI BKDT 2021 yaitu DANA pada 15-18 Februari 2021,” kata Soekowardoyo, Minggu 21 Februari 2021.

Acara Grand Launching diselenggarakan secara serentak dari 2 lokasi pinggiran Danau Toba, yaitu Balige dan Tao Silalahi, Kab. Dairi, Sumatera Utara secara hybrid pada tanggal 20 Februari 2021.

Pada acara tersebut,Gubernur Bank Indonesia, Menko Marves, Menteri Keuangan dan Menteri Kominfo akan melakukan belanja online jarak jauh yang akan dipandu oleh Menteri Parekraf menggunakan ORIS.

"Pada kesempatan ini, BI Sumut juga bersinergi dengan Pemkab Dairi menyelenggarakan fashion show kain etnik khas daerah Sumatera Utara. Dengan melibatkan UMKM binaan dan fashion designer nasional yaitu Wignyo Rahardi," ucap Soekowardoyo.

Kegiatan Post Launching akan berlangsung hingga akhir Maret 2021. Dengan beberapa kegiatan yaitu, penyelenggaraan program inkubasi desain dan produksi fesyen oleh Wignyo Rahadi pada tanggal 22 Februari-11 Maret 2021. Chanelling serta Business Matching UMKM dengan marketplace dimulai pada tanggal 28 Januari-28 Februari 2021.

"Kemudian penyelenggaraan showcasing produk UMKM di Bandara Kualanmu dan Silangit dari bulan Februari hingga Desember 2021. Serta pelaksanaan program edukasi ORIS melalui penayangan video experience penggunaan QRIS dan atraksi barista ‘Ngopi Enak Satu Rupiah’ yang diselenggarakan di Bandara Kualanamu setiap hari Sabtu dan Minggu selama bulan Februari hingga Maret 2021,” jelas Soekowardoyo.

Dengan terselenggaranya seluruh kegiatan ini, lanjut Soekowardoyo, diharapkan dapat mendukung UMKM Untuk naik kelas dan semakin mantap Go Digital. Guna mendukung perluasan implementasi ORIS untuk transaksi digital UMKM dan komunitas wisata di Sumatera Utara. "Kontribusi Bank Indonesia dalam Gernas BBI BKDT 2021, merupakan wujud nyata Bank Indonesia wilayah Sumatera Utara dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi di Sumatera Utara," ujarnya.

Sementara itu menurut Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjio, sementara itu pihaknya melalui 46 kantor Bank Indonesia se-Indonesia dan di luar negeri untuk mendukung kampanye ‘Beli Kreatif Danau Toba’ yang menjadi bagian dari gerakan nasional Bangga Buatan Indoensia (Gernas BBI). BI juga telah mengerahkan sebanyak 1.000 UMKM binaan mereka untuk mendukung gerakan tersebut.

"Kita punya 4 hub, lalu 46 kantor perwakilan yang seluruhnya akan dikerahkan untuk mendukung gerakan ini. Untuk transaksi, kita sudah siapkan QRIS. QRIS sendiri saat ini secara nasional ada 6 juta merchant yang sudah tergabung. Kita targetkan ini bisa naik dua kali lipat tahun ini. Kami mendukung gerakan nasional BBI ini untuk memajukan ekonomi Indonesia," tukasnya.

Beli Kreatif Danau Toba merupakan kampanye yang menjadi bagian dari agenda Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) tahun 2021. "Kampanye ini telah diluncurkan dari kawasan Silalahi, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara pada Sabtu, 20 Februari 2021 kemarin," pungkas Gubernur BI ini.

(A-1Red) 

Komentar Anda

Berita Terkini