Camat Dan Muspika Sunggal Berhasil Damaikan Konflik Pemdes Lalang Dengan RM Jamik Al-Ikhlasyiah

author photo

Teks foto : Camat Sunggal Ismail S. STP, MSP bersama Muspika Kecamatan Sunggal


Sunggal - Moltoday.com : Camat Sunggal Ismail, S.STP M.SP bersama Muspika Kecamatan Sunggal berhasil mendamaikan perselisihan antara pemerintah Desa Lalang dengan Remaja Masjid Jamik Al- Ikhlasiyah Desa Lalang, di Aula kantor Camat Sunggal Jalan Perintis Kemerdekaan, Jum'at (26/3/2021) malam. 

Hadir dikesempatan ini, Danramil 01/Sunggal Kapt. Arh Liston Situmeang, Ketua MUI Kecamatan Sunggal Kiai Muhtarom, Polsek Sunggal diwakili Babinkamtibmas Aiptu T Arios, Kepala Dusun I Zulfan Andri P, perwakilan Remaja Masjid Jamik Al-Ikhlasyiah Doli Aulia Harahap, Bayu bersama rekan dan Perwakilan BKM Lama, M. Yusuf.

"Forum yang kita gelar malam ini bukanlah pengadilan yang saling menyalahkan satu dengan yang lain. Melainkan, forum yang akan menyatukan dan merajut kembali ukhuwah islamiah yang lebih baik lagi kedepannya. Antara orang tua dan anak," kata Camat. 

Teks foto : suasana saling memaafkan

Untuk itu, tambah Camat Ismail, saat forum ini dibuka hendaknya kita yang hadir dapat mengikutinya dengan sopan tertib. "Saya sangat berterimakasih atas niat adik-adik BKM membagikan masker, dengan tujuan untuk membantu kerja muspika Kecamatan Sunggal. Dan sayangnya, pada saat pembagian itu terjadilah miss komunikasi antara pemerintah Desa Lalang dengan adik-adik BKM," jelas Camat. 

Sementara itu, Kepala Desa Lalang Indrayani Nasution SH, dalam kesempatan ini menyampaikan permintaan maaf atas kejadian tersebut. "Dari hati yang paling dalam, saya dan seluruh jajaran memohon maaf atas kekhilafan itu," imbuhnya. 

Menanggapi permintaan maaf Kades Lalang, perwakilan Remaja Masjid Al-Ikhlasiyah Bayu dan rekan yang lain langsung memberikan maaf. " Kalau maaf sudah kami berikan, tapi kami berharap kedepannya kami di bisa dibimbing," pintanya. 

Kiai Muhtarom selaku Ketua MUI Kecamatan Sunggal kembali menjelaskan, bahwa orang yang memberikan maaf itu lebih baik dari pada orang yang meminta maaf. "Allah paling suka kepada hamba-hamba nya yang mau memberikan maaf. Dan yang bisa meredam rasa amarah dan emosi lebih mulia disisi Allah," ucapnya. 

Dikesempatan ini Danramil Liston juga memohon maaf kalau pada saat kejadian, dirinya tidak bisa hadir dikarekan sedang tugas keluar. "Saya berharap pertemuan malam ini bisa segera menyelesaikan permasalan yang ada, dan lenturkanlah hati kalian. Sehingga hubungan harmonis yang dulu dapat terjalin kembali," harapnya. 


Polsek Sunggal yang diwakili Babinkamtibmas Aiptu Oposungu, menilai kejadian ini murni kesalahpahaman belaka. "Kalau di lihat dari kacamata hukum, tidak ada enaknya apabila perseteruan ini berkelanjutan. Bisa jadi bumerang dan denam yang tidak berkesudahan. Dan menurut saya, pembagian masker itu bukanlah tidaklah yang salah. Jadi saya harap, adik-adik bisa membuka hati untuk memaafkan kesalah pahaman ini," pungkasnya. 


(A-1Red). 


Komentar Anda

Berita Terkini