Agar Jembatan Mampu Dilalui Truk Sawit, Ini yang Dilakukan Satgas TMMD Kodim 0204/DS

author photo



Bangun Purba - Moltoday.com : Jembatan yang dibangun Satgas TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0204/DS dirancang mampu untuk menahan beban berat semisal truk pengangkut sawit. 


Untuk tujuan itulah, saat ini personel Satgas sedang melakukan pemasangan besi penyangga di bagian pondasi, sehingga tidak saja semakin kokih6, tetapi juga akan memiliki daya tahan dan usia pemakaian yang lebih lama.  


Menurut Pasiter Kodim 0204/DS, Kapten Kav Sudirno, perkuatan konstruksi jembatan dilakukan dengan  menambahkan besi penyangga pada bagian pondasi maupun di sisi kiri-kanan pagar pembatas. 


"Kita berikan totalitas pekerjaan dalam pembangunan jembatan TMMD ke-111 Kodim 0204/DS ini, sehingga tidak hanya mengejar target perampungan, tetapi kualitas juga dijaga," ucapnya, Senin (28/6/2021). 


Dijelaskan Kapten Sudirno, penambahan kekuatan jembatan sangat diperlukan, agar truk pengangkut hasil perkebunan dan pertanian milik warga nantinya aman untuk melintasinya.


"Jembatan yang dibangun sebanyak empat unit di TMMD ini, umumnya memiliki kemampuan menampung beban antara 8-10 ton, sehingga truk bertonase sedang aman melintasinya," ungkap Kapten Sudirno. 


Sampai hari ke-13 paska dibukanya TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0204/DS pada Selasa, 15 Juni lalu, sudah tiga dari empat jembatan yang telah rampung dikerjakan. 


Satu jembatan lagi diperkirakan sudah rampung pembangunannya dalam minggu pertama awal Juli 2021 ini. 


"Kalau tidak ada kendala cuaca terutama hujan, pekerjaan satu jembatan lagi diperkirakan sudah rampung dalam sepekan ke depan, sehingga masih ada sisa waktu sebelum penutupan TMMD untuk melakukan penambahan kualitas konstruksi jembatan," pungkas Kapten Sudirno. (A-1Red)


Sumber: Kodim 0204/DS

Komentar Anda

Berita Terkini